[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Fadli Zon Meninggal Hoaks, Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 19 Juni 2021 15:13 WIB
    [Cek Fakta] Fadli Zon Meninggal Hoaks, Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan judul narasi politikus Partai Gerindra Fadli Zon tak terselamatkan. Video beredar di facebook.

    Kanal youtube Teropong Istana membagikan video ini pada 8 Juni 2021. Video berjudul "INNALILLAHI..TAK KUASA MELIHATNYA TANGISAN KELUARGA TAK TERBENDUNG".

     



    Dalam halaman sampul video tersebut menggambarkan suasana pasien yang terbaring dan sudah ditutupi kain kafan. Terdapat kutipan sebagai berikut. "Tak Tertolong..!!! Selamat Jalan Fadli Zon Ada Kejanggalan Atas Kepergiannya Hingga Seperti Ini".

    [Cek Fakta] Fadli Zon Meninggal Hoaks, Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Fadli Zon meninggal adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi meninggalnya Fadli Zon.

    Dalam video berdurasi 5 menit 4 detik itu, tidak ada informasi atau narasi yang menyebutkan Fadli Zon meninggal. Video hanya berisi informasi Fadli Zon terpapar Covid-19.

    Dilansir cnnindonesia.com, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon terinfeksi positif covid-19. Hal ini disampaikan Fadli melalui akun Twitter pribadinya @fadlizon.

    Fadli menyampaikan di usianya yang menjelang 50 tahun, ia dinyatakan terpapar covid-19. Ia telah menerima dua kali dosis vaksin dan juga memiliki antibodi 250 yang termasuk kategori cukup baik.

    Fadli menyatakan bahwa virus covid-19 hingga saat ini masih nyata ada. Namun ia memastikan saat ini dalam kondisi baik dan mengingatkan agar semua tetap menjaga kesehatan.

    "Covid-19 ini nyata ada. Alhamdulillah baik2 saja. Mari waspada jaga kesehatan, jaga jarak, jaga imunitas tubuh. Mohon doanya," tuturnya.

    [Cek Fakta] Fadli Zon Meninggal Hoaks, Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Fadli Zon meninggal adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi meninggalnya Fadli Zon.

    Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
    [Cek Fakta] Fadli Zon Meninggal Hoaks, Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210530205252-32-648511/fadli-zon-positif-terinfeksi-covid-19
    2.https://archive.ph/2021.06.14-140043/https://www.youtube.com/watch?v=T6iFS6fjAdk


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     
     


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id