[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Pernyataan PM Israel Ingin Membunuh Muslim dengan Vaksin? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 14 Mei 2021 17:13 WIB
    [Cek Fakta] Video Pernyataan PM Israel Ingin Membunuh Muslim dengan Vaksin? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah video pernyataan dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dalam kutipan video tersebut, Netanyahu ingin membunuh muslim dengan vaksin.

    Akun facebook Penawa Rindu membagikan video ini pada 12 Mei 2021. Dalam unggahannya ia memberikan kutipan sebagai berikut.
     

    "PM Israel Netanyahu Berkata Di Depan Kamera: Pertama Kita Membunuh Muslim Dengan Peluru, Selepas Itu Dengan Rudal, Yang Terakhir dengan vaksin...ALLAHUAKBAR"


    [Cek Fakta] Video Pernyataan PM Israel Ingin Membunuh Muslim dengan Vaksin? Ini Faktanya

     



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim video Benjamin Netanyahu ingin membunuh muslim dengan vaksin adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah momen Netanyahu saat menunjukan jarum suntik yang digunakan untuk memvaksin dirinya. 

    Dilansir dari haaretz.com, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyimpan dan memasang jarum suntik yang digunakan untuk menyuntik vaksin Covid-19 ke tubuhnya. Jarum suntik disimpan dalam sebuah kotak kaca yang ia unggah di situs facebook pribadinya.

    Dalam videonya, Netanyahu berkata "Setiap ada tamu asing, saya menunjukkan kepada mereka panah ini," kata Netanyahu dalam video tersebut, menunjuk ke etalase di kantornya yang menampilkan replika mata panah Romawi dari Yodfat, yang dia jelaskan sebagai benteng Galilea pertama yang jatuh. 

    "Kuberi tahu mereka, itu orang Romawi, mereka sudah tidak di sini lagi. Dia mempresentasikan, dalam tampilan yang sama, model rudal anti-balistik Panah Israel.

    "Dan sekarang aku menunjukkan kepada mereka sesuatu yang lain, anak panah lagi," lanjutnya, pindah ke etalase kedua yang membawa jarum suntik tunggal. 

    "Ini adalah jarum suntik yang memberi saya vaksin pertama dari jutaan vaksin yang kami bawa ke Israel. Kami akan menjadi negara pertama di dunia yang keluar dari krisis virus corona. Dengan keyakinan, segalanya mungkin."

    [Cek Fakta] Video Pernyataan PM Israel Ingin Membunuh Muslim dengan Vaksin? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim video Benjamin Netanyahu ingin membunuh muslim dengan vaksin adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah momen Netanyahu saat menunjukan jarum suntik yang digunakan untuk memvaksin dirinya. 

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Video Pernyataan PM Israel Ingin Membunuh Muslim dengan Vaksin? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.haaretz.com/israel-news/netanyahu-keeps-syringe-from-his-coronavirus-vaccine-on-display-in-his-office-1.9461795?
    2.https://archive.fo/SwHLv


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id