Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Video Menteri Yaqut Diusir ketika Hadir di Tanah Melayu Riau? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 05 Januari 2021 06:27 WIB
    [Cek Fakta] Video Menteri Yaqut Diusir ketika Hadir di Tanah Melayu Riau? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
    Beredar sebuah video dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diusir ketika hadir di Tanah Melayu, Riau. Video ini beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Essie Arieffin Rachiim yang turut mengunggah video tersebut, Minggu 3 Januari 2021. Akun Essie membuat narasi terkait video tersebut.

    "Mentri agama Yaqut  di usir ketika hadir di tanah  melayu  #MELAYUMANTAP."


    Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 296 emotikon, 146 komentar dan 396 kali dibagikan.


    [Cek Fakta] Video Menteri Yaqut Diusir ketika Hadir di Tanah Melayu Riau? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan Menteri Agama Yaqut diusir ketika hadir di Tanah Melayu, adalah salah. Faktanya, pria yang diusir pada video itu bukan Yaqut.

    Sebenarnya, video itu memperlihatkan suasana di depan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMRR), Rabu 19 September 2018. Kala itu, Ketua GP Ansor Riau, Purwaji bertemu dengan Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abu Bakar.

    "Ada pun pokok pembahasan antara Purwaji dan LAMR yakni terkait rencana kedatangan Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas dalam acara Kirab Satu Negeri, Zikir Kebangsaan di Kabpaten Siak," tulis goriau.com dalam laporannya, Rabu 19 September 2018.



    [Cek Fakta] Video Menteri Yaqut Diusir ketika Hadir di Tanah Melayu Riau? Ini Faktanya


    Namun setelah pertemuan itu berlangsung, sejumlah orang di lokasi, mendekati Purwaji. Mereka menolak acara GP Ansor di Riau dan mengusir Purwaji.

    "Usir Purwaji. Jangan sampai ada acara GP Ansor di Riau. Mereka saja tak mau melindungi dan menerima UAS (Ustaz Abdul Somad)," teriak salah seorang masyarakat yang tergabung dalam komponen masyarakat Melayu.


    Dari sini bisa dipastikan bahwa Yaqut tidak berada di lokasi. Kehadirannya masih sebatas rencana dan kala itu, ia belum diangkat sebagai Menteri Agama.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video itu memperlihatkan Menteri Agama Yaqut diusir ketika hadir di Tanah Melayu, adalah salah. Faktanya, pria yang diusir pada video itu bukan Yaqut.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Video Menteri Yaqut Diusir ketika Hadir di Tanah Melayu Riau? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.goriau.com/berita/baca/setelah-bertemu-pengurus-lamr-ketua-gp-ansor-riau-diusir-komponen-masyarakat-melayu.html
    https://archive.md/Wzw7g


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id