comscore

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

Whisnu Mardiansyah - 03 Desember 2020 12:04 WIB
[Cek Fakta] Prabowo Subianto Mengundurkan Diri? Ini Faktanya
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Beredar sebuah video yang menarasikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan. Hal ini terkait operasi tangkap tangan (OTT) kader Gerindra yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Video beredar di youtube nama akun C&N Channel. Video berdurasi delapan menit 57 detik itu berjudul "MENGEJUTKAN! BERITA HARI INI, PRABOWO MENGUNDURKAN DIRI, EDHY PRABOWO KPK, BERITA TERKINI"
Video diunggah pada 27 November 2020. Video ini telah ditonton oleh 1,2 juta orang.

Dalam video tersebut menarasikan pengunduran diri Prabowo karena telah mengkhianati rakyat Indonesia atas kasus korupsi kader Gerindra di pemerintahan Edhy Prabowo.

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Prabowo mengundurkan diri karena kasus OTT Menteri KKP Edhy Prabowo adalah salah. Faktanya, hingga saat ini Prabowo masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan tak terkait dengan kasus OTT Edhy Prabowo.

Dilansir dari Medcom.id, Prabowo Subianto sendiri belum memberikan keterangan secara langsung terkait kasus OTT Edhy Prabowo. Namun, ia sudha mendengar kasus ini dan menunggu perkembangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dacso Ahmad mengaku mengetahui Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjerat OTT KPK melalui media massa. Partai Gerindra belum menentukan sikap sebelum KPK membeberkan keterangan resmi.

"Kami sudah melaporkan kepada Ketua Umum (Prabowo). Arahan dari Ketua Umum untuk menunggu perkembangan lebih lanjut informasi dari KPK," ujar Dasco.

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

Masih dari Medcom.id, adapun pengunduran diri dari posisi menteri tertuju pada Menteri KKP Edhy Prabowo. : Edhy Prabowo telah menandatangani surat pengunduran diri sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Surat tersebut telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Surat pengunduran diri sudah ditandatangani Pak Edhy kemarin (Kamis, 26 November 2020). Surat itu ditujukan ke Bapak Presiden," kata Sekretaris Jenderal KKP, Antam Novambar di Jakarta, Jumat, 27 November 2020.
 
KKP tinggal menunggu keputusan resmi Jokowi atas surat pengunduran diri tersebut. Sebab, pemberhentian menteri harus surat resmi presiden.

Antam memastikan pelayanan KKP tak terdampak penangkapan dan pengunduran diri Edhy. Pegawai di kantor pusat maupun unit pelayanan teknis (UPT) daerah tetap bekerja seperti biasa.

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

Kesimpulan:
Klaim Prabowo mengundurkan diri karena kasus OTT Menteri KKP Edhy Prabowo adalah salah. Faktanya, hingga saat ini Prabowo masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan tak terkait dengan kasus OTT Edhy Prabowo.

Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Prabowo Subianto Mengundurkan Diri? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://m.medcom.id/nasional/politik/GbmqLD4b-surat-pengunduran-diri-edhy-prabowo-telah-dikirim-ke-istana
2.https://m.medcom.id/nasional/politik/ObzZd1Zb-prabowo-subianto-menanti-keterangan-kpk-soal-edhy-prabowo
3.https://archive.vn/rYG5x


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016



(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id