[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Diam-Diam Malaysia Geser Patok Perbatasan saat Indonesia-Tiongkok Memanas soal Natuna? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 13 Januari 2020 06:00 WIB
    [Cek Fakta] Diam-Diam Malaysia Geser Patok Perbatasan saat Indonesia-Tiongkok Memanas soal Natuna? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Beredadr informasi bahwa Malaysia diam-diam menggerser patok perbatasan Indonesia sejauh 1 kilometer saat Indonesia dan Tiongkok memanas terkait isu Natuna. Informasi itu beredar di media sosial sejak Sabtu 4 Januari 2020.

    Akun Facebook Mblo On membagikan informasi tersebut melalui ungggahan foto tangkpan layar. Pada gambar itu terdapat bendera malaysia, karakter kartun Tom dan semacam judul artikel daring bertuliskan "Indonesia & China Memanas, Diam-Diam Malaysia Geser Patok Perbatasan Indonesia Hingga 1 Kilometer".

    Unggahan itu sudah dibagikan sebanyak 1,3 ribu kali, mendapat 7,9 renpons dari warganet, dan 564 komentar.


    [Cek Fakta] Diam-Diam Malaysia Geser Patok Perbatasan saat Indonesia-Tiongkok Memanas soal Natuna? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran, isu patok perbatasan Indonesia-Malaysia bergeser sejauh 1 kilometer pernah dimuat beberapa media arus utama. Seperti Okezone.com melalui artikel berjudul "Patok Batas Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik Bergeser 1 Kilometer" pada Rabu 20 Maret 2019. Dalam artikel itu disebutkan patok perbatasan Indonesia dengan Malaysia yang bergeser terjadi di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara), tepatnya di Desa Ajikuning, Kecamatan Sebatik Tengah.

    Namun, isu bergesernya patok perbatasan Indonesia-Malaysia sebelum terjadinya polemik antara Indonesia dan Tiongkok di perairan Natuna pada akhir Desember 2019. Pula, dalam pemberitaan itu, belum diketahui alasan patok perbatasan bergeser.


    [Cek Fakta] Diam-Diam Malaysia Geser Patok Perbatasan saat Indonesia-Tiongkok Memanas soal Natuna? Ini Faktanya


    Pada Sabtu 16 November 2019, Medcom.id menurunkan pemberitaan terkait pebatasan Indonesia-Malaysia melalui artikel berjudul "Dua Sengketa Perbatasan Indonesia-Malaysia Selesai Pekan Depan". Dalam artikel itu disebutkan, kedua negara akan menandatangani sembilan perbatasan yang belum disepakati atau outstanding boundary problems (OBP).
     
    Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial, Ade Komara Mulyana, menjelaskan sembilan batas darat itu terbentang sepanjang 2.000 kilometer di Pulau Kalimantan. Terkait hal ini Indonesia dan Malaysia menelusuri batas tersebut berdasarkan perjanjian Inggris-Belanda. Karena, dalam hukum internasional, penentuan batas wilayah negara ditentukan oleh prinsip Uti Possidetis Juris.

    Artinya, perbatasan suatu negara mengikuti batas wilayah dari negara bekas penjajahnya. Untuk Indonesia, perbatasan tersebut mengacu pada wilayah yang diwariskan oleh Belanda. Sementara Malaysia bicara tentang wilayah yang diwariskan oleh Inggris. Penentuan batas wilayah Indonesia-Malaysia didasarkan pada sejumlah dokumen pada 1800-an hingga awal 1900-an.

    "Ini yang menjadi patokan kita dalam menentukan batas Indonesia dan Malaysia," kata Ade dalam talkshow Polemik MNC Trijaya di Jakarta, Sabtu, 16 November 2019.


    [Cek Fakta] Diam-Diam Malaysia Geser Patok Perbatasan saat Indonesia-Tiongkok Memanas soal Natuna? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Malaysia diam-diam menggerser patok perbatasan Indonesia sejauh 1 kilometer saat Indonesia dan Tiongkok memanas terkait isu Natuna adalah salah. Isu bergesernya patok perbatasan Indonesia-Malaysia sejauh 1 kilometer muncul sebelum polemik perairan Natuna.

    Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
     

    Referensi:
    https://news.okezone.com/berita/340-2032582/patok-batas-indonesia-malaysia-di-pulau-sebatik-bergeser-1-kilometer

    https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/akWVz7Bb-dua-sengketa-perbatasan-indonesia-malaysia-selesai-pekan-depan


    Sumber:
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=760797201083471&set=gm.708064253062933&type=3&theater


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id