comscore

[Cek Fakta] Beredar Video Sebut PKS Sudah Dibubarkan? Cek Faktanya

Wanda Indana - 29 Juni 2022 14:25 WIB
[Cek Fakta] Beredar Video Sebut PKS Sudah Dibubarkan? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Beredar sebuah video yang judulnya menarasikan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah dibubarkan. Video ini beredar di YouTube. 

Kanal YouTube ini membagikan video tesebut pada 11 Juni 2022. Pada thumnail video terdapat tulisan "AKHIRNYA PARTAI PKS DIBUBARKAN. KEPUTUSAN BULAT JOKOWI MENGEJUTKAN SEMUA PIHAK". 
Adapaun judul pada video sebagai berikut:

"BERITA TERBARU ~ AKHIRNYA PARTAI PKS DIBUBARKAN, KEPUTUSAN BULAT JOKOWI KEJUTKAN SEMUA PIHAK ~ VIRAL"

Benarkah? Berikut cek faktanya.

[Cek Fakta] Beredar Video Sebut PKS Sudah Dibubarkan? Cek Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa PKS telah dibubarkan adalah salah. Faktanya, judul dengan isi video tidak sinkron. 

Setelah disimak, video berdurasi 8 menit 21 tersebut sama sekali tidak memberitakan bahwa PKS dibubarkan. Video itu hanya membacakan narasi yang bersumber dari situs SEWORD, dengan judul artikel “Bubarkan PKS Seperti Halnya Soekarno Bubarkan Masyumi, Jika Tak Ingin NKRI Bubar”. Di dalam tersebut hanya menjelaskan mengenai PKS yang dinilai termasuk golongan Islam garis keras dan berambisi menjadikan NKRI sebagai negara berideologi Khilafah Islamiyyah.

Menurut situs itu juga selama ini PKS dinilai melakukan hal-hal yang menunjukkan pelecehan terhadap simbol kedaulatan negara, seperti menginjak-injak bendera merah putih. Partai inipun disamakan dengan Partai Masyumi pada masa Presiden Soekarno.

Sementara itu, pemberitaan mengenai PKS dibubarkan tidak ditemukan pada di berbagai saluran media arus utama.Dikutip dari situs resminya, PKS saat ini masih aktif dalam kegiatan politiknya.

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa PKS telah dibubarkan adalah salah. Faktanya, judul dengan isi video tidak sinkron. 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

[Cek Fakta] Beredar Video Sebut PKS Sudah Dibubarkan? Cek Faktanya

Referensi:
https://seword.com/politik/bubarkan-pks-seperti-halnya-soekarno-bubarkan-NmU1Lfc3s8
https://pks.id/

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016



(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id