[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Wapres Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Ahli Menipu Rakyat? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 19 Februari 2020 16:16 WIB
    [Cek Fakta] Wapres Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Ahli Menipu Rakyat? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).
    Beredar narasi bahwa Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan ahli menipu rakyat. Pula narasi bahwa Ma'ruf mengaku diajarkan Jokowi untuk menipu rakyat.

    "Saya juga diajarinya. Sekarang sudah ahli," bunyi narasi yang diklaim dari Ma'ruf. 

    Adalah akun facebook Yudi Fui yang menyebarkan narasi tersebut pada Selasa 18 Februari 2020. Akun itu menyebarkan narasi melalui tangkapan layar pemberitaan. Tampak sebuah foto Ma'ruf dan narasi tersebut.

    Berikut narasi lengkapnya:
    "KALO URUSAN NIPU RAKYAT JOKOWI AHLINYA. SAYA JUGA DIAJARINYA. SEKARANG SUDAH LANCAR," kata Ma'ruf.


    [Cek Fakta] Wapres Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Ahli Menipu Rakyat? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Klaim bahwa Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebut Presiden Jokowi merupakan ahli menipu rakyat dan narasi bahwa Ma'ruf diajarkan Jokowi untuk menipu rakyat, adalah salah. 

    Melalui teknik reverse image, kami menemukan foto dengan narasi tersebut, identik dengan foto yang sudah muncul, setidaknya sejak Rabu 15 November 2017, dari cnnindonesia.com. Kala itu, Ma'ruf belum dinyatakan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, dan tentunya juga belum dinyatakan terpilih serta dilantik sebagai Wakil Presiden RI. 

    Jamak diketahui, Ma'ruf resmi dipilih sebagai calon wakil presiden (Wapres) oleh petahana Jokowi dan partai koalisi pada Kamis 9 Agustus 2018. Kemudian Ma'ruf resmi ditetapkan sebagai Wapres terpilih berpasangan dengan Presiden Jokowi pada Minggu 30 Juni 2019 oleh KPU. Dan akhirnya resmi dilantik sebagai Wapres RI periode 2019-2024 dalam sidang paripurna MPR RI pada Minggu 20 Oktober 2019.

    Dari sana, tentu foto yang diklaim Ma'ruf sebagai Wapres adalah salah. Apalagi dengan foto tersebut, disertakan narasi pengakuan Ma'ruf bahwa Jokowi merupakan ahli menipu rakyat, dan Ma'ruf diajarkan oleh Jokowi sehingga akhirnya Ma'ruf turut menjadi ahli penipu rakyat, juga.

    Sementara dari penelusuran di mesin pencari, kami juga tidak menemukan klaim tersebut. Begitupun penelusuran laman turnbackhoax.id, yang selama ini concern terhadap counter berita atau informasi palsu yang beredar di media sosial dan lainnya.

    Laman itu menyatakan narasi atau klaim tersebut adalah salah. "Faktanya diketahui, foto Wapres Ma’ruf Amin adalah karya dari Jurnalis CNN Indonesia, Christie Stefanie. Foto karya Christie ini dimuat dalam artikel cnnindonesia.com dengan tajuk “Ketua MUI Tak Setuju Penghayat Kepercayaan Tercantum di KTP”. Di dalam artikel tersebut pun tidak ada keterangan yang menjelaskan Wapres Ma’ruf berbicara seperti yang diposting akun @yudi.fui.33," seperti dilansir turnbackhoax.id, pada Selasa 18 Februari 2018.


    [Cek Fakta] Wapres Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Ahli Menipu Rakyat? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebut Presiden Jokowi merupakan ahli menipu rakyat dan narasi bahwa Ma'ruf diajarkan Jokowi untuk menipu rakyat, adalah salah. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    Referensi:
    1. https://turnbackhoax.id/2020/02/18/salah-maruf-amin-kalo-urusan-nipu-rakyat-jokowi-ahlinya-saya-juga-diajarinya-sekarang-sudah-ahli/
    2. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20171115155715-20-255829/ketua-mui-tak-setuju-penghayat-kepercayaan-tercantum-di-ktp


    Sumber:
    https://web.facebook.com/photo.php?fbid=109961063923201&set=p.109961063923201&type=3






    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id