[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tidak Butuh Suara Umat Muslim? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 22 Juni 2020 09:30 WIB
    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tidak Butuh Suara Umat Muslim? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Akun Facebook Muhammad Isa mengunggah foto Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan narasi "MEGA: PDIP TIDAK BUTUH SUARA UMMAT ISLAM". Unggahan itu menjadi viral lantaran banyak dibagikan ulang di media sosial.

    Pemilik akun mengunggah foto tersebut pada  16 Juni 2020, dengan menambahkan caption "MENOLAK PIKUN....". Hingga tangkapan layar dibuat, unggahan foto itu mendapat 222 respons dari warganet, 146 komentar, dan 141 dibagikan.

    Benarkah Megawati mengatakan PDIP tidak butuh suara umat muslim? Berikut penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id.


    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tidak Butuh Suara Umat Muslim? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar bahwa Megawati mengatakan PDIP tidak butuh suara umat muslim adalah salah. Megawati tidak pernah mengatakan seperti klaim yang disebarkan akun Facebook Muhammad Isa.

    Pencarian di mesin pencari dengan menggunakan kata kuci "pdip tak butuh suara umat muslim" ditemukan artikel Kumparan.com berjudul "Dukung UU Ormas, PDIP Tak Takut Ditinggal Pemilih Muslim" dimuat pada 28 Oktober 2017. Pada artikel itu, tidak ditemukan pernyataan Megawati, melainkan pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengatakan selama ini justru partainya banyak mendapat dukungan dari kantong-kantong massa basis Islam.

    "Lho PDIP sendiri lebih dari 85 persen pendukungnya basis muslim. Islam yang membangun peradaban, Islam yang meneladani tokoh-tokoh pergerakan juga. Di mana PDIP betul-betul membumikan itu," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta  Pusat, Sabtu 28 Oktober 2017.

    Hasto pun berbalik menuding bahwa ada pihak yang sengaja membenturkan PDIP dengan umat Islam setelah pengesahan Perppu Ormas menjadi UU. "Itu bagian dari strategi kampanye yang ditiupkan pihak-pihak yang menolak Perppu tersebut," tukasnya.


    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tidak Butuh Suara Umat Muslim? Cek Faktanya


    Sementara itu, foto Megawati yang dipakai akun Facebook Muhammad Isa diambil dari dokumentasi Jawapos.com. Foto identik ditemukan pada artikel berjudul "Sulit Cari Kader, Megawati Berniat Nyalon di Pilkada 2018" dimuat pada 12 November 2017.


    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tidak Butuh Suara Umat Muslim? Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada foto yang beredar bahwa Megawati mengatakan PDIP tidak butuh suara umat muslim adalah salah. Megawati tidak pernah mengatakan seperti klaim yang disebarkan akun Facebook Muhammad Isa.

    Informasi ini masuk dalam kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
     

    Referensi:
    https://kumparan.com/kumparannews/dukung-uu-ormas-pdip-tak-takut-ditinggal-pemilih-muslim/full?fbclid=IwAR3euU1Sl84lAld_LVBo3szl_NUoHhg3YIZuLSDsKdjJeKfuA55PkXR4UGM
    https://www.jawapos.com/nasional/pemilihan/12/11/2017/sulit-cari-kader-megawati-berniat-nyalon-di-pilkada-2018/?fbclid=IwAR32L_KzQ_YYwgZdTHg6PHRiuDBHaXySVXyzuMxOg3VcHze0vPiB6xqCqOQ


     *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id