[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Kim Jong-un Hukum Mati Koruptor di Korea Utara? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 23 Juni 2020 10:38 WIB
    [Cek Fakta] Video Kim Jong-un Hukum Mati Koruptor di Korea Utara? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar sebuah video memperlihatkan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un sedang menggandeng tangan seseorang. Mereka berdua berjalan membelakangi kamera dan kemudian seseorang bersama Kim, terjatuh ke dalam lubang.

    "Presiden Korea Utara menggandeng pejabatnya yang terlibat korupsi," seperti yang tertulis pada video.

    Adalah akun facebook Yunus Pasanreseng Andi Padi yang turut mengunggah video tersebut. Berikut narasi lengkap pada video:

    "Hukuman mati bagi koruptor uang
    negara di Korea Utara.

     
    di bawah ada kandang buaya

     Presiden Korea Utara menggandeng
     pejabatnya yang terlibat korupsi."


    Akun Yunus Pasanreseng Andi Padi juga membuat komentar. Ia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menempuh cara yang sama dalam memberantas para koruptor di Indonesia.

    "APAKAH KITA setuju pak Jokowi Presiden RI menempu CARA BEGINI MEMBABAT PELAKU KORUPTOR di RI AGAR BETUL² MEREKA GERA ...," tulis akun Yunus Pasanreseng Andi Padi, Jumat 19 Juni 2020.

    Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 1.200 emotikon, 463 komentar dan 1.000 kali dibagikan.


    [Cek Fakta] Video Kim Jong-un Hukum Mati Koruptor di Korea Utara? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un sedang menghukum mati koruptor di Korea Utara, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan pertemuan bersejarah antara Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan video itu diedit.

    BBC.com melansir video detik-detik pertemuan Kim Jong-un dengan Moon Jae-in, Jumat 27 April 2018. Kim menghampiri Moon yang menunggu di zona demiliterisasi atau di garis perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.


    [Cek Fakta] Video Kim Jong-un Hukum Mati Koruptor di Korea Utara? Ini Faktanya


    Mereka berdua berjabat tangan hangat dan saling melempar senyum. Kemudian mereka mundur selangkah menginjakkan kaki di Korea utara dan berjalan bersama ke arah kamera, atau ke wilayah Korea Selatan. Tampak jelas dalam video itu, tidak ada momen pria bersama Kim, terjatuh ke sebuah lubang.

    "Sebuah sejarah baru telah dimulai saat ini. Pertemuan ini titik sejarah di era perdamaian," tulis Kim di buku tamu Gedung Perdamaian, Panmunjom, Korea Selatan, seperti dilansir Medcom.id, Jumat 27 April 2018.


    [Cek Fakta] Video Kim Jong-un Hukum Mati Koruptor di Korea Utara? Ini Faktanya


    Berikut artikel selengkapnya:

    Kim Jong-un: Sejarah Baru Telah Dimulai

    Panmunjom: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengatakan sejarah baru telah dimulai antara Korut dengan Korea Selatan (Korsel). Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuan bersama Presiden Korsel Moon Jae-in.

    "Sebuah sejarah baru telah dimulai saat ini. Pertemuan ini titik sejarah di era perdamaian," tulis Kim di buku tamu Gedung Perdamaian, Panmunjom, Korea Selatan, Jumat 27 April 2018.

    Moon menyambut Kim di zona demiliterisasi. Keduanya berjabat tangan hangat dan saling melempar senyum.

    "Saya senang bertemu Anda," kata Moon menyambut Kim, seperti dilaporkan AFP.

    Kedua pria itu kemudian mundur selangkah ke utara sebelum berjalan bersama ke Gedung Perdamaian.

    Pertemuan bersejarah keduanya lahir di tengah masalah nuklir Korut. Selain itu, pertemuan ini juga sebagai pembuka jalan Kim Jong-un untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Kedua pemimpin negara tersebut berseteru lewat Twitter. Trump sempat menyebut Kim sebagai 'bocah roket'. Kata-kata tersebut dianggap menghina pemimpin Korut itu.

    Sementara itu, pertemuan kedua pemimpin Korea ini untuk membahas mengenai perdamaian keduanya. Niat Korut untuk berdamai ditunjukkan saat menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel pada Februari lalu.

    Sejak saat itu, baik pertemuan maupun diskusi perdamaian kedua negara terus berlangsung.



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video itu memperlihatkan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un sedang menghukum mati koruptor di Korea Utara, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan diedit.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    Referensi:
    https://www.bbc.com/news/av/world-asia-43916858/kim-jong-un-crosses-korean-border-for-summit
    https://www.medcom.id/internasional/asia/wkBQqpgb-kim-jong-un-sejarah-baru-telah-dimulai


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id