[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Aktivis Ini Makan di Depan Anak-Anak Kecil yang Kelaparan? Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 26 Februari 2021 13:17 WIB
    [Cek Fakta] Foto Aktivis Ini Makan di Depan Anak-Anak Kecil yang Kelaparan? Ini Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter



    Beredar sebuah foto yang memperlihatkan aktivis lingkungan dari Swedia, Greta Thunberg sedang makan di depan anak-anak berkulit hitam yang kelaparan. Foto ini beredar di media sosial. 

    Akun Twitter @joinmanishpande membagikan foto itu pada 17 Februari 2021. Akun itu menyispkan cuitan pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:


    "Aktivitas lingkungan palsu @GretaThunberg"


    Benarkah foto tersebut memperlihatkan aktivis lingkungan dari Swedia, Greta Thunberg sedang makan manakanan mewah di depan anak-anak berkulit hitam yang kelaparan? Berikut cek faktanya:







    [Cek Fakta] Foto Aktivis Ini Makan di Depan Anak-Anak Kecil yang Kelaparan? Ini Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa foto tersebut memperlihatkan aktivis lingkungan dari Swedia, Greta Thunberg sedang makan di depan anak-anak berkulit hitam yang kelaparan adalah hoaks. Faktanya, foto tersebut telah diedit. 

    Dilansir IndiaToday, foto aslinya pernah diunggah oleh akun Twitter resmi Greta Thunberg @GretaThunberg pada 22 Januari 2019. Foto aslinya memperlihatkan Greta sedang makan di dalam kereta dengan hutan sebagai latar belakang. Foto diambil pada suatu tempat di Denmark. "Lunch in Denmark." tulis Greta.

     


    Sementara itu, foto anak-anak berkulit hitam pernah dimuat Reuters melalui artikel berjudul "Bush war leaves Central African villages deserted", pada 30 Agustus 2007. Foto itu menjelaskan bahwa terdapat lima anak yang sedang duduk di kamp pengungsian darurat yang terletak di dekat desa Bodouli, Republik Afrika Tengah pada 23 Agustus 2007. 

    "Anak-anak yang tinggal di hutan duduk di kamp sementara untuk para pengungsi internal di dekat desa Bodouli 23 Agustus 2007. Menurut penduduk setempat, tentara pemerintah menyerang Korosigna (di Republik Afrika Tengah bagian utara) tanpa peringatan pada bulan Januari 2006, bagian dari perang semak selama dua tahun yang terjadi melawan pemberontak compang-camping di bagian utara bekas koloni Prancis, terkurung daratan di jantung Afrika. " bunyi deskripsi foto tersebut.



    [Cek Fakta] Foto Aktivis Ini Makan di Depan Anak-Anak Kecil yang Kelaparan? Ini Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto tersebut memperlihatkan aktivis lingkungan dari Swedia, Greta Thunberg sedang makan manakanan mewah di depan anak-anak berkulit hitam yang kelaparan adalah hoaks. Faktanya, foto tersebut telah diedit. 

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. 


    Misleading content di bentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Foto Aktivis Ini Makan di Depan Anak-Anak Kecil yang Kelaparan? Ini Cek Faktanya



    Referensi:
    https://www.reuters.com/article/us-centralafrica-refugees/bush-war-leaves-central-african-villages-deserted-idUSL3080284520070830
    https://mobile.twitter.com/joinmanishpande/status/1361899873893634048
    https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-picture-of-greta-thunberg-having-food-in-front-of-poor-kids-is-morphed-1770262-2021-02-17?fbclid=IwAR3MnEmLudIGVW0XW__R0X-4dtkB5M667mgcXmTFiLORHN6ZIFvIGxg0e2Y


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id