[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Kim Jong Un Pakai Kaos Kampanye Jokowi? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 10 Juni 2021 16:08 WIB
    [Cek Fakta] Foto Kim Jong Un Pakai Kaos Kampanye Jokowi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah foto pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengenakan kaos kampanye Joko Widodo saat Pilpres 2019 kemarin. Foto beredar di facebook.

    Akun facebook Balaraja Toli membagikan foto ini pada 10 Juni 2021. Foto tersebut, Kim Jong Un mengenakan kemeja putih bertuliskan "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata".

     



    [Cek Fakta] Foto Kim Jong Un Pakai Kaos Kampanye Jokowi? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Kim Jong Un memakai kaos kampanye Joko Widodo bertuliskan "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata" adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan.

    Dari penelusuran kami, foto asli Kom Jong Un tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "Kim Jong Un Pilih Kunjungi Ladang Kentang daripada Bertemu Menlu AS". Artikel dimuat di kompas.com pada 11 Juli 2018.

    Foto tersebut adalah momen saat Kim Jong Un berkunjung ke ladang kentang di Samjiyon, Korea Utara pada Juli 2018. 

    Dalam foto yang dirilis media pemerintah Korut KCNA terlihat Kim mengunjungi ladang kentang yang terletak di Junghung, Samjiyon, dekat dengan perbatasan China. Dalam foto, Kim menunduk dan memeriksa kentang yang ditanam. Kepada petani, dia menyarankan agar mereka menanam varietas unggul.

    Kim beralih menginspeksi ke pabrik pengolahan kentang menjadi tepung, serta memeriksa konstruksi bangunan di kawasan yang sama. Kawsan tersebut berlokasi di Gunung Paektu. Gunung yang menjadi kawasan keramat bagi masyarakat Korut. Sebab, di gunung tersebut, diyakini ayah sekaligus pemimpin pendahulu Kim, Kim Jong Il, lahir pada 1941 silam.

    [Cek Fakta] Foto Kim Jong Un Pakai Kaos Kampanye Jokowi? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Kim Jong Un memakai kaos kampanye Joko Widodo bertuliskan "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata" adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan.

    Informasi ini jenis hoaks manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
    [Cek Fakta] Foto Kim Jong Un Pakai Kaos Kampanye Jokowi? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://internasional.kompas.com/berita/17464001-kim-jong-un-pilih-kunjungi-ladang-kentang-daripada-bertemu-menlu-as?page=all
    2.https://archive.fo/hNMJC


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id