[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Foto Syekh Ali Jaber Pulang ke Arab Saudi setelah Insiden Penusukan? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 17 September 2020 07:50 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Foto Syekh Ali Jaber Pulang ke Arab Saudi setelah Insiden Penusukan? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah foto yang memperlihatkan pendakwah Syekh Ali Jaber sedang berjalan di sebuah bandara. Foto ini dinarasikan Syekh Ali Jaber pulang ke Arab Saudi selepas insiden penusukan saat dirinya mengisi acara dakwah di Bandar Lampung. 

    Adalah akun Facebook Mental Badja turut mengunggah foto tersebut pada Selasa, 15 Agustus 2020. Berikut narasi yang ditambahkan pada foto yang beredar. 

    "Syekh Ali Jaber balik ke Madinah?
    Betapa malunya kita sebagai warga negara yang sudah dia pilih untuk menjadi negaranya, ada warganya yang berhasrat untuk menyakitinya, bahkan bisa membunuhnya bila Syekh tidak cepat refleksnya menangkis.
    Beliau salah satu ulama yg saya kagumi. Ulama yang dalam ceramahnya selalu mengajak dalam kebaikan dan persatuan, dengan bahasa yang santun dan menyejukkan.
    Semoga cepat pulih ya Syekh, dan kalau memang pulang ke Madinah, cepatlah kembali ke negaramu, NKRI."



    [Cek Fakta] Beredar Foto Syekh Ali Jaber Pulang ke Arab Saudi setelah Insiden Penusukan? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Syekh Ali Jaber pulang ke Madinah usai kejadian penusukan terhadap dirinya adalah salah. Faktanya, Syekh Ali Jaber tidak pulang ke Madinah melainkan akan melakukan kegiatan dakwah di Jember dan Kabupaten Malang, pada Kamis, 17 September 2020.

    Dilansir Tribunjatim.com melalui artikel berjudul "Usai Tragedi Penusukan, Syekh Ali Jaber Bakal Pengajian di Jember dan Malang, Ini Kata Polda Jatim" dimuat pada Rabu, 16 September 2020, Syekh Ali Jaber memiliki agenda acara dakwah di dua kota di Jawa Timur. Kabar itu berasal dari program Podcast #CloseTheDoor Corbuzier yang tayang pada Rabu 16 September 2020. Pada acara itu, Syekh Ali ditanya apakah trauma dengan peristiwa penikaman di Bandar Lampung, beberapa hari lalu.

    Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, bahwa polres setempat akan membantu panitia dalam hal pengamanan kegiatan dakwah yang akan dihadiri Syekh Ali Jaber. Karena tanggung jawab sepenuhnya tetap berada di pihak panitia, kepolisian mengimbau panitia melakukan langkah antisipatif dengan menyeleksi jemaah peserta pengajian. 

    "Polda Jatim melalui polres akan melibatkan penyelenggara untuk selektif kepada jamaahnya," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu, 16 September 2020. 

    Truno menambahkan, dua hal yang perlu diperhatikan oleh panitia penyelenggara, yakni memastikan penerapan protokol kesehatan guna mencegah sebaran virus Corona ( Covid-19 ) di lokasi pengajian. Serta memastikan tidak ada jamaah yang membawa benda-benda berbahaya dan membahayakan, misal senjata tajam. 

    "Lagian juga ngapain ke pengajian membawa senjata tajam. Kepolisian akan membantu panitia menyeleksi peserta pengajian, misalnya, jika ada yang membawa senjata tajam," tandasnya. 


    [Cek Fakta] Beredar Foto Syekh Ali Jaber Pulang ke Arab Saudi setelah Insiden Penusukan? Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Syekh Ali Jaber pulang ke Madinah usai kejadian penusukan terhadap dirinya adalah salah. Faktanya, pada foto itu, Syekh Ali Jaber tidak pulang ke Madinah melainkan akan melakukan kegiatan dakwah di Jember dan Kabupaten Malang, pada Kamis, 17 September 2020.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Syekh Ali Jaber Pulang ke Arab Saudi setelah Insiden Penusukan? Cek Faktanya


    Referensi:
    https://jatim.tribunnews.com/2020/09/16/usai-tragedi-penusukan-syekh-ali-jaber-bakal-pengajian-di-jember-dan-malang-ini-kata-polda-jatim?page=2
    https://www.jpnn.com/news/syekh-ali-jaber-hari-ini-di-jember-dan-malang-polisi-bantu-seleksi-peserta-pengajian
    https://archive.md/0L7SD


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id