comscore

[Cek Fakta] Foto Jokowi Hadiri Imlek Tanpa Prokes Buktikan Covid-19 Sudah Hilang? Cek Faktanya

Wanda Indana - 05 Februari 2022 17:44 WIB
[Cek Fakta] Foto Jokowi Hadiri Imlek Tanpa Prokes Buktikan Covid-19 Sudah Hilang? Cek Faktanya
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Beredar foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sebuah acara Imlek tanpa protokol kesehatan (prokes). Diklaim, Jokowi membuktikan Covid-19 sudah hilang. 

Foto itu beredar di media sosial. Akun Facebook Ayu Kyuth ikut membagikan foto itu pada Jumat, 4 Februari 2022. Akun itu mengunggah gambar tangkapan layar grup Telegram bernama SAHABAT OPOSISI. Pada foto itu disertai narasi sebagai berikut:
 

"VIRUS CORONA TIBA2 HILANG & LENYAP di HARI RAYA IMLEK.


HADIR & BERKERUMUN TANPA PROKES sdh diCONTOHkan oleh Jokowi

VIRUS CORONA NTAR AKAN DIMUNCULKAN LAGI pada BULAN PUASA RAMADHAN MENDEKATI HARI RAYA IDUL FITRI"


Benarkah? Berikut cek faktanya. 


[Cek Fakta] Foto Jokowi Hadiri Imlek Tanpa Prokes Buktikan Covid-19 Sudah Hilang? Cek Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim foto Jokowi menghadiri sebuah acara Imlek tanpa prokes membuktikan Covid-19 sudah hilang adalah salah. Faktanya, foto lama sebelum adanya pandemi Covid-19. 

Foto itu berasal dari situs Presidenri.go.id pada artikel-foto berjudul "Presiden Hadiri Perayaan Imlek Nasional 2020" dimuat pada Kamis, 30 Januari 2020, sebelum adanya kasus Covid-19 di Indonesia. Situs tersebut memuat rangkaian foto yang identik dengan klaim.

Berikut keterangan pada foto:

"Presiden Joko Widodo menghadiri perayaan Imlek Nasional di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten pada Kamis, 30 Januari 2020. Presiden Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian tradisional changshan berwarna merah menyampaikan ucapan selamat bagi komunitas Tionghoa di Indonesia dalam perayaan yang mengangkat tema “Bersatu untuk Indonesia Maju”.

Jajaran Kabinet Indonesia Maju yang hadir pada acara tersebut adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil."


Adapun pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Pemerintah masih memberlakukan PPKM untuk menahan angka infeksi virus korona baru. 


[Cek Fakta] Foto Jokowi Hadiri Imlek Tanpa Prokes Buktikan Covid-19 Sudah Hilang? Cek Faktanya


Kesimpulan:
Klaim bahwa Jokowi menghadiri sebuah acara Imlek tanpa prokes membuktikan Covid-19 sudah hilang adalah salah. Faktanya, foto lama sebelum adanya pandemi Covid-19. 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


[Cek Fakta] Foto Jokowi Hadiri Imlek Tanpa Prokes Buktikan Covid-19 Sudah Hilang? Cek Faktanya


Referensi:
https://www.presidenri.go.id/foto/presiden-hadiri-perayaan-imlek-nasional-2020/


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id