Erick Thohir Diam soal Kasus Jiwasraya karena Mantan Dirkeu Menantu Moeldoko? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 08 Januari 2020 17:50 WIB
    Erick Thohir Diam soal Kasus Jiwasraya karena Mantan Dirkeu Menantu Moeldoko? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Unggahan akun Facebook Fifie Sofia ramai di media sosial. Pemilik akun mengunggah kolase foto yang memperlihatkan foto tangkapan layar (screenshot) dua artikel berita daring yang mengaitkan Ketua Staf Presiden (KSP) Moeldoko dengan isu Jiwasraya. Unggahan itu disebar ke lama grup Facebook, (PSPS) Pendukung Setia PRABOWO - SANDI.

    Pada kolase foto itu, terdapat foto Moeldoko dan foto Hary Prasetyo. Disebutkan, Hary Prasetyo adalah menantu daripada Moeldoko. Pula, pada foto Hary Prasetyo terdapat narasi bertuliskan:

    "Thank's Papa, Sudah Sempat Kerja di KSP..".

    Pemilik akun juga menambahkan narasi pada foto sebagai berikut:

    "WOW TERNYATA DIREKTUR KEUANGAN JIWASRAYA MANTUNYA MOELDOKO PANTES AJA PADA MINGKEM,,,, ERICK MAJU KENA MUNDUR KENA DONG".

    Sejak diunggah pada Jumat 27 Desember 2019, unggahan itu sudah dibagikan 1,2 ribu kali, mendapat 335 reaksi, dan 136 komentar.


    Erick Thohir Diam soal Kasus Jiwasraya karena Mantan Dirkeu Menantu Moeldoko? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran, tak ada hubungan keluarga antara Moeldoko dan Hary Prasetyo, Eks Petinggi Jiwasraya yang Pernah Masuk KSP.

    Harry Prasetyo merupakan salah seorang dari 10 nama yang masuk daftar cekal oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pencekalan mantan Direktur Keuangan Jiwasraya berkaitan dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

    Melansir cnnindonesia.com, Moeldoko membantah kabar yang menyebut bahwa dirinya mempunyai hubungan keluarga dengan Hary Prasetyo. Namun, Moeldoko tak menampik bahwa Hary memang sempat bekerja di Kantor Staf Presiden (KSP).

    "Ini ada yang mulai agak menyimpang jauh. Isu-isu pak Hary mantu saya, bapaknya bos saya. Tidak. tidak. Saya baru kenal pak Hary di KSP ini," tegas Moeldoko, Senin 23 Desember 2019.


    Erick Thohir Diam soal Kasus Jiwasraya karena Mantan Dirkeu Menantu Moeldoko? Ini Faktanya


    Sementara itu, 2 judul berita artikel yang terdapat pada unggahan tersebut berasal dari Detik.com berjudul "Moeldoko: Saya Tak Lindungi Eks Dirkeu Jiwasraya Apalagi Istana", dan Rmol.id berjudul "Disebut Sebagai 'Mantu' Moeldoko, Berikut Catatan Karir Hary Prasetyo Mantan Direktur Keuangan Jiwasraya". Kedua artikel tersebut memuat bantahan Moeldoko terkait bahwa klaim bahwa Hary Prasetyo adalah mantunya.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa mantan Dirut Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo adalah menantu daripada Kepala KSP Moeldoko adalah salah. Keduanya tak memiliki hubungan keluarga.

    Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori False connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.


    Referensi:
    https://news.detik.com/berita/d-4833172/moeldoko-saya-tak-lindungi-eks-dirkeu-jiwasraya-apalagi-istana?single=1
    https://ekbis.rmol.id/berita/414736-disebut-sebagai-mantu-moeldoko-berikut-catatan-karir-hary-prasetyo-mantan-direktur-keuangan-jiwasraya
    https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191227163704-78-460454/moeldoko-bantah-punya-hubungan-dengan-eks-dirkeu-jiwasraya


    Sumber:
    https://www.facebook.com/groups/276665096312116/permalink/502628940382396/

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id