[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Jemaah Terancam Tak Bisa Haji Seumur Hidup Jika Tarik Dana? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 12 Juni 2021 17:24 WIB
    [Cek Fakta] Jemaah Terancam Tak Bisa Haji Seumur Hidup Jika Tarik Dana? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah informasi menyebutkan calon jemaah haji terancam tak bisa berangkat ke Tanah Suci seumur hidup jika tarik dananya. Informasi beredar di facebook.

    Akun facebook Laskar Muda membagikan tangkapan layar artikel berjudul "Orang yang Tarik Dana Takkan Berhaji Lagi Seumur Hidup, Ini Penjelasan Kepala BPKH Anggito Abimanyu". Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.
     

    "Ooooo...NGANCAM ?!
    Emang BPKH itu siapa ?!!!
    kok bisa2nya mem-VONIS gak bisa
    ber-HAJI seumur hidup....
    ???? Sampeyan WARAS ??"


    [Cek Fakta] Jemaah Terancam Tak Bisa Haji Seumur Hidup Jika Tarik Dana? Ini Faktanya

     



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim calon jemaah haji terancam tak bisa berangkat ke Tanah Suci seumur hidup jika tarik dananya adalah salah. Faktanya, calon jemaah terancam mundur antrean keberangkatan jika tarik dananya.

    Dilansir kompas.com, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan pihaknya siap mengembalikan dana calon jemaah haji yang ingin menarik kembali dananya setelah pembatalan haji 2021.  Kendati demikian, ia mengingatkan jemaah haji yang menarik dananya bakal kehilangan antrean pemberangkatan. 

    "Pada prinsipnya kami akan mengembalikan permintaan untuk pembatalan dan pencairan, karena ini uangnya jamaah kami harus layani," ujar Anggito sebagaimana dikutip dari Antara, Senin, 7 Juni 2021. 

    "Dan kalau ditarik tentu akan mengakibatkan kehilangan antrean, proses awal lagi. Jadi memang ada konsekuensinya," ucapnya. 

    Anggito mengakui, beberapa calon jamaah haji ada yang melakukan penarikan dananya, namun masih dalam tahap wajar. 

    Ia memastikan tidak ada tumpukan penarikan dana. Adapun jumlah Jemaah lunas tunda reguler sebanyak 196.865 orang. Kemudian yang membatalkan atau menarik dananya diperkirakan saat ini mencapai 600 jemaah.

    [Cek Fakta] Jemaah Terancam Tak Bisa Haji Seumur Hidup Jika Tarik Dana? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim calon jemaah haji terancam tak bisa berangkat ke Tanah Suci seumur hidup jika tarik dananya adalah salah. Faktanya, calin jemaah terancam mundur antrean keberangkatan jika tarik dananya.

    Informasi jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    [Cek Fakta] Jemaah Terancam Tak Bisa Haji Seumur Hidup Jika Tarik Dana? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://nasional.kompas.com/berita/08000011-kepala-bpkh-ingatkan-jemaah-haji-yang-tarik-dananya-bakal-kehilangan-antrean?page=all
    2.https://archive.vn/pwMTD#selection-411.21-433.2


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected]




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id