[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Benarkah Bantuan Guru Honorer dan Non-PNS Cair September 2021? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 22 September 2021 13:56 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Bantuan Guru Honorer dan Non-PNS Cair September 2021? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar kabar Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk guru honorer dan non-PNS cair pada September 2021. Kabar ini beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Siti Aisyah Ops turut membagikan kabar itu ke dalam grup publik yang beranggotakan 89,3 ribu akun, pada Kamis, 26 Agustus 2021. Akun itu membagikan link dari situs quadra.club untuk memeriksa daftar nama penerima bantuan. 

     



    Pada link itu juga berisi syarat untuk mendapatkan BSU. Bantuan tersebut berasal dari pemerintah yang disalurkan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk membantu meringankan masalah para guru honorer dan non-PNS yang terdampak pandemi Covid-19. 
     

    "Cek Penerima BSU Guru Honorer dan Non PNS Dari Kemendikbud Ristek yang Cair September 2021, Login di Link ini" judul pada artikel yang beredar. 


    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya. 


    [Cek Fakta] Benarkah Bantuan Guru Honorer dan Non-PNS Cair September 2021? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk guru honorer dan non-PNS dari Kemdikbudristek cair pada September 2021 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak Kemdikbudristek. 

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemdikbudristek Anang Ristanto mengatakan, informasi yang beredar tersebut hoaks. Pihaknya memastikan, tidak ada jadwal pencairan BSU guru honorer dan non-PNS pada September ini.
     

    "Terkait hal ini informasinya tidak benar (hoaks). Kemendikbud-ristek pada bulan September 2021 tidak ada rencana penyaluran BSU," kata Anang seperi dilansir Kompas.com, Selasa 14 September 2021. 


    Sementara informasi dalam link artikel yang diunggah tidak ada konfirmasi dari pihak Kemendikbud Ristek. Tak hanya itu, syarat yang disebutkan juga merupakan syarat penerima BSU guru honorer 2020.



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk guru honorer dan non-PNS dari Kemdikbudristek cair pada September 2021 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak Kemdikbudristek. 

    Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.


    [Cek Fakta] Benarkah Bantuan Guru Honorer dan Non-PNS Cair September 2021? Cek Faktanya


    Referensi:
    https://www.kompas.com/tren/berita/083500265-hoaks-bsu-guru-honorer-dan-non-pns-cair-september-2021?page=2


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id