[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Gula Jawa Disebut Mengandung Formalin? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 11 November 2020 15:58 WIB
    [Cek Fakta] Gula Jawa Disebut Mengandung Formalin? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar informasi yang menyebutkan gula jawa atau gula aren mengandung formalin. Informasi itu beredar di media sosial dan pesan berantai WhatsApp. 

    Akun Facebook Chairul Mala Putra turur membagikan informasi itu pada Minggu, 25 Oktober 2020. Pada narasi yang diunggah, diklaim efek formalin membuat gula jawa menjadi keras dan berwarna gelap. Berikut penggalan narasi yang beredar:

    "*PENTING ANDA TAHU*
    Copas dari grup Alumni ITB
    Semoga bisa diambil hikmah dan manfaatnya ...... aamiiiin.
    Ya Allah jahatnya pedagang gula jawa ; 
    *FORMALIN....!!*
    Ini dari teman² ITB. Biologi yg akan melanjutkan penelitian ttg gula merah 
    *Gula Jawa/Gula Aren/Gula Merah*

    Sepertinya udah cukup buanyak kita dengar berita² ttg penyakit, seperti cancer lach....
    yang ternyata pemicu utamanya adalah makanan kita.
    Saya belakangan ini baru tahu kalau GULA AREN alias GULA JAWA yang berwarna coklat kayak batu itu mengandung FORMALIN.

    Informasi ini saya dapat dari seseorg yang dapat dipercaya, karena dia usahanya jualan jamu dan membuat minuman juice dalam botol tanpa pengawet sedikitpun!
    Menariknya racikan minumannya itu pake gula yg namanya Gula-Jawa, yg mana ternyata setelah diselidiki mengandung Formalin...."



    [Cek Fakta] Gula Jawa Disebut Mengandung Formalin? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa gula jawa atau gula aren mengadung formalin adalah salah. Faktanya, informasi tersebut adalah hoaks lama yang sudah diklarifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). 

    Dilansir situs resmi BPOM, isu penyalahgunaan formalin pada gula jawa/gula aren/gula merah melalui jejaring sosial sudah pernah merebak pada 2012. Badan POM telah melakukan langkah-langkah penelusuran awal dengan melakukan pengambilan sampel gula dimaksud dari pasar tradisional dan pasar modern serta melakukan pengujian laboratorium terhadap sampel tersebut.

    Formalin merupakan bahan berbahaya yang dilarang digunakan untuk makanan. Sedangkan senyawa sulfit dalam bentuk kalium bisulfit, kalium metabisulfit, natrium bisulfit dan natrium metabisulfit diizinkan digunakan sebagai pengawet makanan sesuai persyaratan yang ditetapkan.

     "Dari hasil pengujian Badan POM beberapa waktu lalu untuk parameter formalin dan sulfit terhadap berbagai produk gula jawa/gula aren/gula merah, tidak ditemukan produk yang mengandung formalin."


    [Cek Fakta] Gula Jawa Disebut Mengandung Formalin? Cek Faktanya


    Pula, dilansir Detik.com, melalui artikel berjudul "Gula Jawa Mengandung Formalin dan Bisa Picu Kanker? Pakar: Hoax Lama!" dimuat 22 Oktober 2020, 
    Ahli Gizi Prof Hardinsyah mengatakan,  bahwa isu penyalahgunaan formalin pada gula jawa/gula aren/gula merah adalah hoaks lama.

    "Ini hoaks sejak tahun 2016. BPOM dan Kominfo sudah pernah menyatakan ini berita hoaks. Gula aren itu manis dan manisnya menjadi pengawet, nggak perlu diawetin," kata Hardinsyah saat dihubungi. 


    [Cek Fakta] Gula Jawa Disebut Mengandung Formalin? Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa gula jawa atau gula aren mengadung formalin adalah hoaks. Faktanya, informasi tersebut adalah hoaks lama yang sudah diklarifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). 

    Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Gula Jawa Disebut Mengandung Formalin? Cek Faktanya

    ?
    Referensi:
    https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/320/PENJELASAN-BADAN-POM-TENTANG-ISU-GULA-JAWA-GULA-AREN-GULA-MERAH-YANG-DIDUGA-MENGANDUNG-FORMALIN.html
    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5221524/gula-jawa-mengandung-formalin-dan-bisa-picu-kanker-pakar-hoax-lama
    https://archive.md/D1tAp


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id