[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek Dihilangkan? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 23 Februari 2021 08:00 WIB
    [Cek Fakta] Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek Dihilangkan? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah foto papan penunjuk ruas kilometer 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dihilangkan. Informasi beredar di facebook.

    Akun facebook atas nama Soelistyo Haryono membagikan foto ini pada 21 Februari 2021. Ia mengunggah ulang dari akun facebook Neng Geulis.

    Dalam foto tersebut, angka penunjuk KM 50 menjadi samar. Di bawahnya terdapat tulisan sebagai tulisan.
     

    "MOHON MAAF JIKA ANGKA 50 DI ATAS MULAI TIDAK KELIHATAN"


    [Cek Fakta] Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek Dihilangkan? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim foto papan penunjuk KM 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dihilangkan adalah salah. Faktanya, hanya tempat peristirahatan (rest area) KM 50 yang direlokasi.

    Dari penelusuran kami, foto papan penunjuk KM 50 dalam klaim tersebut hasil suntingan. Foto aslinya, adalah ruas KM 12 tol Pekanbaru-Dumai. Foto tersebut terdapat dalam artikel "Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131 Km Resmi Dibuka!". Artikel dimuat di detik.com pada 25 September 2020.

    [Cek Fakta] Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek Dihilangkan? Ini Faktanya

    Adapun alasan relokasi rest area KM 50 seperti dilansir republika.co.id, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan penutupan tersebut dilakukan untuk merelokasi sesuai perintah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). 

    "Jasa Marga akan melakukan relokasi Tempat Istirahat kilometer 50 Ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek Jalur arah Cikampek ke tempat istirahat kilometer 71 Ruas Jakarta-Cikampek jalur arah Jakarta," kata Widiyatmiko.

    Dia menjelaskan, relokasi tempat istirahat tersebut berkaitan dengan penambahan kapasitas lajur ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari kilometer 48 sampai dengan kilometer 50 jalur arah Cikampek. Widiyatmiko mengharapkan relokasi dapat selesai dilakukan sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

    "Relokasi ini dalam rangka relokasi tenant-tenant di tempat istirahat kilometer 50 ke tempat istirahat kilometer 71, maka terhitung tanggal 20 Desember 2020, tempat istirahat kilometer 50 akan ditutup," jelas Widiyatmiko. 

    Dia memastikan, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi rencana penutupan tempat istirahat tersebut melalui variable message sign (VMS) dan spanduk sosialisasi di tempat istirahat KM 50. Widiyatmiko memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan tersebut. 

    "Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," ungkap Widiyatmiko. 

    [Cek Fakta] Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek Dihilangkan? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim foto papan penunjuk KM 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dihilangkan adalah salah. Faktanya, hanya tempat peristirahatan (rest area) KM 50 yang direlokasi. 

    Informasi ini jenis hoaks manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
    [Cek Fakta] Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek Dihilangkan? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5187945/tol-pekanbaru-dumai-sepanjang-131-km-resmi-dibuka?tag_from=news_beritaTerkait
    2.https://www.republika.co.id/berita/qln68p428/ini-alasan-rest-area-kilometer-50-tol-cikampek-ditutup


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id