[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 07 Mei 2021 15:51 WIB
    [Cek Fakta] TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp



    Beredar sebuah video sebuah tank di jalanan perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Bekasi. Tank tersebut diinformasikan untuk menyekat para pemudik yang nekat pulang.

    Dalam video berdurasi 30 detik itu, suara pria dalam video mengabarkan tank bertugas untuk menyekat para pemudik. Tampak dalam video arus lalu lintas disetop saat tank lewat.

     



    [Cek Fakta] TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik? Ini Faktanya

    Penelusuran: 
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim TNI mengerahkan tank untuk menyekat para pemudik adalah salah. Faktanya, tank tersebut dalam rangka latihan rutin.

    Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS membantah tank tersebut untuk menyekat pemudik. 
    "Dengan telah tersebarnya Video yang menyatakan bahwa Anggota TNI menurunkan Tank guna untuk Penyekatan Pemudik itu tidak benar, yang sebenarnya adalah satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih sedang melaksanakan Latihan Taktis Tingkat Rai TW II TA.2021", kata Kapendam Jaya dalam keterangan resminya, Jumat, 7 Mei 2021.

    Kegiatan Latihan tersebut dilaksanakan pada Kamis 6 Mei 2021 oleh Satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih. Lokasi latihan bertempat di Tanah Lapangan bekas Pabrik Kecap di Jalan Raya Narogong Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

    Kegiatan pengamanan rute seluruh tim pengamanan melaksanakan penghambatan lalulintas untuk mengamankan kendaraan yang sedang melintas.

    Dilansir kompas.com, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subrana pun menyebut kehadiran tank TNI AD di lokasi tersebut dalam rangka akan menjalani latihan. Kebetulan, lokasi latihan TNI AD tak jauh dari titik penyekatan mudik.

    [Cek Fakta] TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim TNI mengerahkan tank untuk menyekat para pemudik adalah salah. Faktanya, tank tersebut dalam rangka latihan rutin.

    Informasi ini jenis hoaks  false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    [Cek Fakta] TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://nasional.kompas.com/berita/11443521-video-viral-tni-kerahkan-tank-untuk-penyekatan-mudik-di-perbatasan-bekasi
    2.Siaran Pers Kapendam Jaya 


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id