comscore

[Cek Fakta] Viral Iklan Upgrade Nasabah BCA Prioritas Rp10 Juta Hoaks, Begini Faktanya

Wanda Indana - 10 Juni 2022 18:57 WIB
[Cek Fakta] Viral Iklan <i>Upgrade</i> Nasabah BCA Prioritas Rp10 Juta Hoaks, Begini Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Beredar sebuah iklan di Instagram berisi informasi penawaran upgrade layanan nasabah prioritas mengatasnamakan BCA. Dalam iklan itu disebutkan untuk upgrade layanan BCA prioritas diperlukan syarat yaitu nasabah cukup memiliki saldo mengendap sebesar Rp10 juta dan mengklik sebuah tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kabar ini berawal dari unggahan warganet di Twitter yang mengaku adiknya terkena penipuan sebesar Rp118 juta karena mengklik iklan di Instagram tersebut. Dalam tangkapan layar yang dibagikan, iklan tersebut terlihat diunggah akun Instagram @bankbcalayanan.id. Jika mengklik tautan iklan tersebut maka mengarah ke pesan WhatsApp dengan nomor +61872006998. 
"Temen temen info ya ketemen temennya, kalau ada iklan ini jangan di klik. Adek gw kena 118jt cuma dalam kurang 30 menit aja, Dear @BankBCA ini menggunakan alamat dan nama kalian loh, bukannya untuk mobile banking ada limit harian?" tulis pemilik akun Twitter @achietmokoginta, Selasa 7 Juni 2022. 

[Cek Fakta] Viral Iklan <i>Upgrade</i> Nasabah BCA Prioritas Rp10 Juta Hoaks, Begini Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanya iklan Instagram tentang syarat upgrade BCA prioritas adalah hoaks. Faktanya, PT Bank Central Asia Tbk menegaskan, iklan di media sosial Instagram yang viral tersebut bukan berasal dari pihaknya.

Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan akun yang menampilkan iklan pada Instagram tersebut bukan akun resmi milik BCA. Ia mengimbau kepada semua nasabah untuk berhati-hati atas modus penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan BCA. 

"Akun Instagram tersebut BUKAN akun resmi BCA. Kami senantiasa mengimbau nasabah untuk berhati-hati atas modus penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan BCA," kata Hera seperti dilansir Kompas.com, Rabu 8 Juni 2022. 

Hera menambahkan, keanggotaan BCA Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari Kantor Cabang BCA. "Jadi jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas melalui telepon dan promo di media sosial sudah pasti itu penipuan," jelasnya.

Akun media sosial Instagram resmi milik BCA hanyalah @goodlifebca. Nasabah dapat mengecek semua akun media sosial resmi BCA pada https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/media-riset/Social-Media.

Kesimpulan:
Klaim adanya iklan Instagram tentang syarat upgrade BCA prioritas adalah hoaks. Faktanya, PT Bank Central Asia Tbk menegaskan, iklan di media sosial Instagram yang viral tersebut bukan berasal dari pihaknya.

Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

[Cek Fakta] Viral Iklan <i>Upgrade</i> Nasabah BCA Prioritas Rp10 Juta Hoaks, Begini Faktanya

Referensi:
https://money.kompas.com/berita/193800426-viral-iklan-upgrade-bca-prioritas-rp-10-juta-bca-sudah-pasti-itu-penipuan?page=all

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id