comscore

[Cek Fakta] Buntut Pemecatan Dr Terawan Banyak Dokter Dirikan IDI Tandingan? Ini Faktanya

M Rodhi Aulia - 29 Maret 2022 09:02 WIB
[Cek Fakta] Buntut Pemecatan Dr Terawan Banyak Dokter Dirikan IDI Tandingan? Ini Faktanya
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Beredar sebuah narasi bahwa sejumlah dokter mendirikan Ikatan Dokter Seluruh Indonesia (IDSI) sebagai bentuk solidaritas terhadap Dr Terawan Agus Putranto yang dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Narasi ini beredar di media sosial.

Adalah akun facebook Anand Majestha yang turut mengunggah narasi tersebut, Senin 28 Maret 2022. Berikut narasi selengkapnya:

"Dengan dikeluarkannya Dr Terawan dari IDI , maka dengan solidaritas para dokter , mereka keluar semua dari IDI dan mendirikan IDI tandingan dengan nama IDSI (Ikatan Dokter Seluruh Indonesia). Berarti tamat sudah IDI yg tenyata sebagian besar terdiri para kadrun.
#savedokterterawan."


[Cek Fakta] Buntut Pemecatan Dr Terawan Banyak Dokter Dirikan IDI Tandingan? Ini Faktanya


Benarkah demikian?


Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa sejumlah dokter mendirikan Ikatan Dokter Seluruh Indonesia (IDSI) sebagai bentuk solidaritas terhadap Dr Terawan Agus Putranto yang dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

Di sisi lain, Persatuan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) menyatakan keberatan terkait pemecatan Dr Terawan dari IDI. PDSRI meminta IDI meninjau kembali keputusan tersebut.

"PDSRI juga berjanji akan membuka komunikasi dengan PB IDI untuk menyelesaikan persoalan tersebut," tulis Katadata.co.id dalam laporannya, 26 Maret 2022.



[Cek Fakta] Buntut Pemecatan Dr Terawan Banyak Dokter Dirikan IDI Tandingan? Ini Faktanya


Namun hingga 29 Maret 2022 pagi, tidak ditemukan informasi resmi bahwa sejumlah dokter pro Terawan mendirikan IDSI atau organisasi tandingan IDI.

Sebelumnya, Muktamar IDI di Banda Aceh menetapkan pemberhentian Terawan dari keanggotaan IDI. Terawan dianggap melakukan pelanggaran etika berat.

"Sebelumnya, sudah dilaksanakan sidang Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) pada 8 Februari 2022 oleh (Pengurus Besar) PB IDI. Ini adalah kelanjutan hasil MKEK dan Muktamar IDI tahun 2018.," tulis Medcom.id dalam laporannya, 27 Maret 2022.



[Cek Fakta] Buntut Pemecatan Dr Terawan Banyak Dokter Dirikan IDI Tandingan? Ini Faktanya


Kesimpulan:
Klaim bahwa sejumlah dokter mendirikan Ikatan Dokter Seluruh Indonesia (IDSI) sebagai bentuk solidaritas terhadap Dr Terawan Agus Putranto yang dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.


Referensi:
https://www.facebook.com/groups/511733156100826/posts/1022227961718007
https://katadata.co.id/rezzaaji/berita/623eb3abe8d29/perhimpunan-dokter-radiologi-tolak-pemecatan-terawan
https://m.medcom.id/nasional/peristiwa/wkBX1z0N-idi-cabut-permanen-keanggotaan-terawan-ini-alasannya


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




(DHI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id