[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Benarkah Istilah 'Kadrun' Sudah Lama Dipakai PKI untuk Menyerang Umat Islam? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 26 Juni 2020 12:30 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Istilah 'Kadrun' Sudah Lama Dipakai PKI untuk Menyerang Umat Islam? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Istilah kadal gurun atau disingkat 'Kadrun' marak muncul usai Pilkada DKI 2012 hingga Pilpres 2019. Belakangan, beredar kabar yang menyebut bahwa istilah Kadrun diklaim sudah lama dipakai Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk menyerang kelompok sayap kanan.

    Salah satunya, akun Facebook Mujahid yang membagikan informasi itu pada Sabtu, 9 Mei 2020. Pemilik akun mengunggah sebuah video berisi seorang penceramah yang menyatakan bahwa istilah Kadrun dipakai PKI era 60-an untuk menyerang umat islam. Hingga tangkapan layar dibuat, unggahan itu sudah dibagikan 17 ribu kali, mendapat 11 ribu respons warganet dan 2,6 ribu komentar.

    Pula, video itu disertai narasi bertuliskan sebagai berikut:

    “Fix ya istilah kadrun itu di gunakan orang2 PKI untuk para pejuang. kini kita tau kan siapa itu PKI di jaman ini…
    KADRUN itu dari PKI

    Barokallahu fiik Habib @husein.baagil .
    .
    Label KADRUN yang disematkan kepada ummat Islam itu ternyata berasal dari PKI.

    Di zaman tahun 60'an apabila PKI menargetkan salah satu dari para Ulama yg ditargetkan akan dibunuh, mereka menjulukinya dengan istilah KADRUN atau Kadal Gurun.

    Di zaman kita sekarang, istilah KADRUN mulai diperdengarkan kembali untuk mengejek ummat Islam, entah mereka itu memang berideologi komunis atau hanya sebatas kebencian terhadap gerakan ummat Islam.

    Wallahu 'Alam Bishowab.

    Semoga kita semua dilindunggi oleh Allah dari fitnah dan bahaya PKI"



    [Cek Fakta] Benarkah Istilah 'Kadrun' Sudah Lama Dipakai PKI untuk Menyerang Umat Islam? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa istilah 'Kadrun' pada era tahun 1960-an digunakan PKI untuk menyerang umat Islam adalah salah. Faktanya, istilah 'Kadrun' muncul pada kontestasi politik khususnya pada Pilkada DKI 2012 dan Pilpres 2019.

    Melalui penulusuran di Google Trends, dengan menggunakan sampel waktu 2014-2020, kata kunci 'Kadrun' muncul pertama kali pada Juli 2013 dengan 3 hasil pencarian. Istilah 'Kadrun' kembali muncul pada Juni dan Oktober 2016, dan mulai meningkat dari Juli 2019 sampai sekarang, Juni 2020. Istilah 'Kadrun' banyak muncul menjelang dan usai momen-momen politik.


    [Cek Fakta] Benarkah Istilah 'Kadrun' Sudah Lama Dipakai PKI untuk Menyerang Umat Islam? Cek Faktanya


    Hal senada juga diungkapkan Sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam menjelaskan istilah kadrun, baru muncul setelah Pilkada DKI 2012 hingga Pilpres 2019, setelah munculnya istilah 'Kampret' dan 'Cebong'. Istilah kadrun belum ada saat era PKI masih ada.

    "Waktu Pemilu 1955 ada persaingan yang tajam antara Masyumi dan PKI. Masyumi menuduh orang komunis itu ateis. PKI menuduh Masyumi dapat bantuan dana dari AS. Tidak ada istilah kadal gurun tersebut. Tahun 1960-an, yang ada yakni istilah Nekolim, Aksi Sepihak, Setan Desa, Setan Kota," tutur Asvi kepada detikcom, Rabu 10 Juni 2020.

    Menurut Asvi, istilah-istilah seperti kadrun, cebong, dan kampret, itu bersifat memecah belah. Tidak sehat.

    "Istilah-istilah tersebut yang memecah belah, mengelompokkan kawan dan lawan yang berkelanjutan," kata Asvi.


    [Cek Fakta] Benarkah Istilah 'Kadrun' Sudah Lama Dipakai PKI untuk Menyerang Umat Islam? Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa istilah 'Kadrun' pada era tahun 1960-an digunakan PKI untuk menyerang umat Islam adalah salah. Faktanya, istilah 'Kadrun' muncul pada kontentasi politik khususnya pada Pilkada DKI 2012 dan Pilpres 2019.

    Informasi ini termasuk kategori jenis false context. False Context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
     

    Referensi:
    https://trends.google.com/trends/explore?date=2004-01-01%202020-06-26&geo=ID&q=Kadrun
    https://news.detik.com/berita/d-5048771/debat-istilah-kadrun-bikinan-pki-atau-semata-kadal-gurun?single=1&fbclid=IwAR2OJfkhRhhaZyrgQngJ-Fsyus0aEgWE5d9F4kCqjisyYaB9Hk1wPGKUjK4

     
    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id