[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Tumpukan Mayat Korban Covid-19

    Wanda Indana - 07 April 2021 20:05 WIB
    [Cek Fakta] Video Tumpukan Mayat Korban Covid-19
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah video yang memperlihatkan tumpukan mayat. Diklaim, tumpukan mayat itu adalah korban covid-19. 

    Akun Facebook Advance NZ membagikan video itu pada Rabu, 31 Maret 2021. Dalam video tumpukan mayat itu, terdapat salah satu mayat yang terlihat sedang menghisap rokok. Unggahan video itu dinarasikan bahwa covid-19 hanyalah lelucon dan berita bohong.
     

    "More dead bodies piled up from COVID, but one of them is smoking a cigarette atau dalam bahasa Indonesia Semakin banyak mayat yang menumpuk karena COVID, tetapi salah satunya adalah mengisap rokok?"


    [Cek Fakta] Video Tumpukan Mayat Korban Covid-19







    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar memperlihatkan tumpukan mayat korban covid-19 adalah salah. Faktanya, video itu merupakan bagian daria degan pembuatan video clip penyanyi rapper asal Rusia. 

    Dilansir AFP, video identik ditemukan pada unggahan akun TikTok Vasya Ivanov, 29 Maret 2021.  Vasya Ivanov pengguna akun TikTok asal Rusia yang meyebutkan dirinya adalah seorang  production designer dan art director pada profilnya. 

    Ivanov menggambarkan dirinya sebagai desainer produksi dan direktur seni di profilnya.  Judul video itu berbunyi: “Husky - Ever Clip Shooting”. Husky, nama asli Dmitri Kuznetsoz, adalah seorang rapper Rusia.


    "Meskipun klip pria merokok tidak muncul dalam video musik sebenarnya, latar belakangnya dapat dilihat pada tanda 02:23 dari video yang diposting Ivanov di Vimeo pada tanggal 26 November 2020. Di dalamnya terlihat truk berwarna oranye yang sama, tas tempat sampah dan perlengkapan dinding." tulis AFP.


    Syuting video musik tersebut diliput oleh organisasi media Rusia Ren.tv pada 4 September 2020. Manekin yang dibungkus kantung jenazah digunakan untuk pembuatan video musik tersebut, Ren.tv melaporkan .

    Video serupa juga pernah diunggah dengan narasi yang salah seperti klaim “video produksi mayat Corona”, dan juga sudah dijelaskan oleh AFP sebagai konten yang keliru.


    [Cek Fakta] Video Tumpukan Mayat Korban Covid-19


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video yang beredar memperlihatkan tumpukan mayat korban covid-19 adalah salah. Faktanya, video itu merupakan bagian daria degan pembuatan video clip penyanyi rapper asal Rusia. 

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.



    [Cek Fakta] Video Tumpukan Mayat Korban Covid-19



    Referensi:
    https://factcheck.afp.com/video-does-not-show-covid-19-victims-it-shows-russian-music-video-being-filmed
    https://www.tiktok.com/@vasyaivanovdesign/video/6944648301446745346
    https://perma.cc/BUY8-BH8M


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id