[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Anies Sebut Korupsi Sebuah Kreativitas? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 17 April 2021 13:22 WIB
    [Cek Fakta] Anies Sebut Korupsi Sebuah Kreativitas? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah narasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut korupsi sebagai sebuah kreativitas. Narasi beredar di facebook.

    Akun facebook Moko Jati membagikan narasi ini pada 16 April 2021. Daslam unggahanya, ia mengutip pernyataan Anies menyikapi fenomena korupsi.






    [Cek Fakta] Anies Sebut Korupsi Sebuah Kreativitas? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Anies menyebut korupsi sebuah kreativitas adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut telah dipelintir.

    Pernyataan Anies yang sebenarnya dilansir dari merdeka.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti isu korupsi yang belakangan tetap marak terjadi saat pandemi. Anies menyebut koruptor memiliki tingkat kreativitas yang luar biasa. Koruptor, kata Anies, mampu membuat suatu terobosan dalam melakukan praktik korupsi.

    "Ada setidaknya tiga unsur penyebab munculnya korupsi, yaitu korupsi karena kebutuhan, keserakahan dan sistem. Korupsi karena kebutuhan diselesaikan dengan memberikan pendapatan yang cukup untuk hidup layak," kata Anies.

    Anies mengaku menemui beberapa kondisi karena koruptor dinilai memiliki kreativitas luar biasa dalam melakukan aksi, terutama untuk penyebab karena keserakahan dan sistem. DKI Jakarta, ucap Anies kini tengah melakukan smart planning dalam melakukan berbagai pengadaan baik barang atau jasa untuk mencegah praktik korupsi.

    [Cek Fakta] Anies Sebut Korupsi Sebuah Kreativitas? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Anies menyebut korupsi sebuah kreativitas adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut telah dipelintir.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Anies Sebut Korupsi Sebuah Kreativitas? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.merdeka.com/peristiwa/anies-ada-3-unsur-penyebab-korupsi-yaitu-kebutuhan-keserakahan-dan-sistem.html
    2.https://archive.fo/aNxMt


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id