Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Beredar Spanduk Warga Nahdliyin Rindu Khilafah? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 05 April 2021 10:44 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Spanduk Warga Nahdliyin Rindu Khilafah? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah foto tangkapan layar memperlihatkan sebuah spanduk dengan narasi bahwa warga Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin rindu khilafah. Foto ini beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Asan yang turut mengunggah foto itu, Senin 5 April 2021. Pada foto itu juga terdapat narasi lain. Berikut narasinya:

    "NU sebelum di jangkiti penyakit sekuler."


    Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 77 emotikon, 200 komentar dan 27 kali dibagikan.







    [Cek Fakta] Beredar Spanduk Warga Nahdliyin Rindu Khilafah? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa warga NU merindukan khilafah seperti pada spanduk itu, adalah salah. Faktanya, ini kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.

    Isu senada setidaknya juga pernah beredar pada Agustus 2020 lalu. Kami mengulas isu ini dalam artikel berjudul "[Cek Fakta] Beredar Spanduk Berlogo NU Rindu Khilafah".

    Dilansir situs Turnbackhoax.id, spanduk itu beredar pada saat Konferensi Khilafah Internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 2007. Pada saat itu, ditegaskan tidak ada perwakilan PBNU yang menghadiri konferensi tersebut.

    "Spanduk itu bukan milik NU. Menurut Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini, spanduk tersebut mencatut nama warga NU. Spanduk itu muncul bukan pada 2003 seperti yang tertulis di klaim, melainkan pada 2007 saat Konferensi Khilafah Internasional di Stadion Gelora Bung Karno. Tidak ada perwakilan PBNU yang menghadiri Konferensi Khilafah Internasional pada 2007," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, Rabu 13 November 2019.

    Dilansir Tempo.co, NU sejak awal sudah menegaskan bahwa Pancasila dan NKRI adalah bentuk final Indonesia. Hal itu ditegaskan dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar NU di Situbondo, Jawa Timur, tahun 1984.

    "Atas dorongan dari Kyai Haji Ahmad Shidiq dan Gus Dur (Kyai Haji Abdurrahman Wahid)," kata Helmy seperti dilansir Tempo.co, Rabu 13 November 2019.


    [Cek Fakta] Beredar Spanduk Warga Nahdliyin Rindu Khilafah? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa warga NU merindukan khilafah seperti pada spanduk itu, adalah salah. Faktanya, ini kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.
     
    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.


    [Cek Fakta] Beredar Spanduk Warga Nahdliyin Rindu Khilafah? Ini Faktanya
     

    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2019/11/13/salah-spanduk-warga-nahdliyin-rindu-khilafah-milik-nu/
    https://cekfakta.tempo.co/fakta/474/fakta-atau-hoaks-benarkah-spanduk-bertuliskan-warga-nahdliyin-rindu-khilafah-ini-milik-nu
    https://archive.md/AXh9U


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id