[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Sertifikat Digital Vaksin Dibuat untuk Memata-Matai Pergerakan Orang? Begini Faktanya

    Wanda Indana - 14 September 2021 11:23 WIB
    [Cek Fakta] Sertifikat Digital Vaksin Dibuat untuk Memata-Matai Pergerakan Orang? Begini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar informasi yang menyebutkan bahwa barcode pada sertifikat digital vaksinasi Covid-19 untuk memantau dan mengaasi pergerakan orang dari jarak jauh. Disebutkan, upaya itu bagian dari sistem untuk memata-matai manusia. 

    Informasi itu itu beredar dari berbagai unggahan di Facebook, akun Bunga Chinta turut membagikan informasi itu pada Sabtu, 29 Mei 2021. Akun ini mengunggah gambar disertai narasi bertuliskan sebagai berikut:

     




    "SERTIFIKASI DIGITAL BARCODE SEBENTAR LAGI AKAN TERPASANG, SERTIFIKASI REKAM DATA DENGAN CODE BAR 060606 AKAN MENJADI SYARAT PUBLIK UNTUK DAPAT MELAKUKAN PERJALANAN KEMANA SAJA. INI TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN VIRUS, VAKSIN, ATAUPUN WABAH, INI MURNI SISTEM DETEKSI KONTROL ELITE GLOBAL (YAHUDI) ATAS UMAT MANUSIA,"? 


    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya. 



    [Cek Fakta] Sertifikat Digital Vaksin Dibuat untuk Memata-Matai Pergerakan Orang? Begini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa sertifikat vaksinasi digunakan untuk memata-matai pergerakan umat manusia adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar. 

    Merujuk laporan dari situs pemeriksa fakta FactCheck.org pada 14 April 2020 berjudul "Conspiracy Theory Misinterprets Goals of Gates Foundation", membatah klaim tersebut. Dari hasil pemeriksaannya, isu sertifikat vaksin digital untuk melacak pergerakan manusia mulai muncul pada awal pandemi Covid-19. Klaim itu mencuat setelah Bill Gates berpartisipasi dalam forum diskusi online di Reddit pada 18 Maret 2020. 

    Dalam forum tersebut, Gates menjawab pertanyaan tentang cara mempertahankan bisnis selama pandemi berlangsung. 
     

    "Nantinya, kita akan memiliki semacam sertifikat digital untuk menunjukkan siapa yang telah pulih atau telah mengikuti tes Covid-19 atau ketika kita telah mendapatkan vaksin," demikian pernyataan Gates dalam forum tersebut. 


    Pernyataan Gates disalahpahami. Kepada FactCheck.org, Gates Foundation menjelaskan ketika Gates menyebutkan penggunaan sertifikat digital di forum diskusi Reddit, dia mengacu pada sertifikat digital sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan platform digital yang akan memperluas testing Covid-19 mandiri di rumah. Bukan melacak pergerakan orang.

    Sertifikat digital adalah teknologi yang digunakan untuk mengirim informasi terenkripsi melalui internet, misalnya tanda tangan digital yang digunakan untuk memverifikasi identitas. 

    Sementara itu, penelitian yang didanai Gates Foundation untuk menguji pencatatan vaksinasi yang dilekatkan pada kulit manusia tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19. Tak hanya itu, tinta yang digunakan pada kulit manusia juga tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai alat pelacak jarak jauh.

    Profesor Bioengineering di Rice University, Kevin McHugh, yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan, tinta yang digunakan pada kulit manusia juga tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai alat pelacak jarak jauh. Hal tersebut disampaikan.
     

    "Tinta ini dikembangkan untuk memberikan catatan vaksinasi dan tidak memiliki kemampuan untuk melacak pergerakan siapa pun. Teknologi ini hanya mampu menyediakan data yang sangat terbatas (non personal) secara lokal," kata McHugh.



    [Cek Fakta] Sertifikat Digital Vaksin Dibuat untuk Memata-Matai Pergerakan Orang? Begini Faktanya


    Kesimpulan 
    Klaim bahwa sertifikat vaksinasi digunakan untuk memata-matai pergerakan umat manusia adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Sertifikat Digital Vaksin Dibuat untuk Memata-Matai Pergerakan Orang? Begini Faktanya

    Referensi:
    https://www.factcheck.org/2020/04/conspiracy-theory-misinterprets-goals-of-gates-foundation/
     

    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id