[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Vladimir Putin dan Jokowi Bahas Omnibus Law? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 13 Oktober 2020 11:38 WIB
    [Cek Fakta] Foto Vladimir Putin dan Jokowi Bahas Omnibus Law? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin duduk berdua membahas Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja ) Omnibus Law. Foto Ini betredar di media sosial facebook.

    Akun Facebook atas nama Helmi Prabu membagikan foto ini pada 12 Oktober 2020. Ia mengunggah ulang foto ini dari akun facebook atas nama Affandi Ridwan. 

    Dalam foto tersebut, Putin mempertanyakan cara Jokowi membahas RUU Ciptaker setebal 1.000 halaman dengan cepat. Dalam narasi tersebut, Jokowi mengaku belum membaca draf tersebut.


    [Cek Fakta] Foto Vladimir Putin dan Jokowi Bahas Omnibus Law? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Presiden rusia Vladimir Putin membahas Omnibus Law adalah salah. Faktanya, foto tersbeut adalah memen pertemuan Jokowi dan Putin sebelum penyelenggaraan ASEAN-Rusia Summit pada 2016 jauh sebelum RUU Ciptaker Omnibus Law diusulkan dan dibahas.

    Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin di Sochi, Rusia. Pertemuan tersebut membahas kerja sama bidang ekonomi dan pertahanan-keamanan.
     
    Jokowi mengatakan, kerja sama ekonomi lebih fokus ke ekspor sawit lantaran nilainya mencapai lebih dari USD480 juta pada tahun 2015.“Saya berharap kebijakan Yang Mulia dapat diteruskan, sehingga ekspor sawit Indonesia dapat berkelanjutan”,ucap Presiden.

    Sementara itu, bidang pertahanan mencakup latihan bersama personel angkatan bersenjata Indonesia-Rusia dan kerja sama pembelian alutsista berupa pesawat tempur Sukhoi Su-35 sebanyak delapan unit.

    "Kerja sama hendaknya tidak hanya pengadaan alutsista, namun juga mencakup alih teknologi, produksi bersama, pendidikan, pelatihan, dan pertukaran perwira siswa," tutur dia.
     
    Menurut Presiden, kedua negara perlu menghilangkan hambatan tarif dan non-tarif, termasuk untuk minyak kelapa sawit, ikan, dan produk pertanian. Disamping itu, perlu juga dibuka akses pasar yang lebih besar serta di bidang investasi.
     
    “Saya juga mencatat penurunan nilai investasi Rusia di Indonesia”, ucapnya.
     
    Presiden berharap, selain pembangunan jalur kereta api di Kalimantan Timur, investasi Rusia dapat diarahkan ke bidang lain seperti pembangunan alumunium smelter di Kalimantan Barat, energi, dan infrastruktur.
     
    Adapun kunjungan Presiden ke Rusia untuk menghadiri KTT ASEAN-Rusia di Black Sea Resort, Sochi. KTT tersebut digelar untuk membahas peningkatan hubungan ekonomi, politik serta arsitektur keamanan regional.


    [Cek Fakta] Foto Vladimir Putin dan Jokowi Bahas Omnibus Law? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Presiden rusia Vladimir Putin membahas Omnibus Law adalah salah. Faktanya, foto tersbeut adalah memen pertemuan Jokowi dan Putin sebelum penyelenggaraan ASEAN-Rusia Summit pada 2016 jauh sebelum RUU Ciptaker Omnibus Law diusulkan dan dibahas.

    Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Foto Vladimir Putin dan Jokowi Bahas Omnibus Law? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.medcom.id/internasional/dunia/8koRJDMb-bertemu-putin-presiden-jokowi-bahas-pembelian-alutsista


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id