[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Pabrik Esemka Ekspansi ke Proyek Peluncuran Roket Luar Angkasa? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 22 Januari 2021 11:16 WIB
    [Cek Fakta] Pabrik Esemka Ekspansi ke Proyek Peluncuran Roket Luar Angkasa? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah foto yang menarasikan pabrik mobil Esemka berekspansi ke proyek peluncuran roket ke antariksa. Foto menunjukan salah satu roket yang tengah diluncurkan.

    Akun facebook atas nama Dukung Jokowi 3 Periode membagikan video ini pada 19 Januari 2020. Berikut narasi yang diunggah.
     

    "Tidak puas dengan hanya menciptakan Invisible Car. Esemka akhirnya berekspansi besar-besaran dalam proyek antariksa. Foto dibawah menunjukkan salah satu peluncuran roket yang dilakukan Esemka. Nasa dan Space X semakin tertinggal!"


    Unggahan ini mendapatkan respon dari 472 warganet. Serta 147 komentar dan 35 kali dibagikan ulang.




    [Cek Fakta] Pabrik Esemka Ekspansi ke Proyek Peluncuran Roket Luar Angkasa? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim pabrik mobil Esemka meluncurkan roket ke antariksa adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan dari foto sebenarnya.

    Dari penelusuran lewat google search image, foto ini banyak dimuat beberapa artikel. Foto tidak berkaitan dengan Esemka melainkan perusahaan antariksa swasta SpaceX milik Elon Musk. Foto aslinya di gedung tersbeut tertulis SpaceX bukan Esemka.

    Foto asli diunggah situs berita internasional reuters pada 6 Februari 2018. Dalam kutipan foto tertulis Roket SpaceX Falcon Heavy lepas landas dari stasiun peluncuran bersejarah 39-A di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, 6 Februari 2018.

    [Cek Fakta] Pabrik Esemka Ekspansi ke Proyek Peluncuran Roket Luar Angkasa? Ini Faktanya

    Dilansir voaindonesia.com, Perusahaan antariksa swasta SpaceX telah meluncurkan roketnya yang terbesar Selasa, 6 Februari 2018, membawa "Roadster" Tesla berwarna merah ke orbit Mars.

    Roket Falcon Heavy meluncur dari Kennedy Space Center di Florida, landasan yang sama dari mana Apollo Apollo 11 diluncurkan pada tahun 1969 dalam misi pertama menerbangkan astronot ke bulan.

    Peluncuran roket Falcon Heavy diiringi lagu karya David Bowie “Life on Mars”. “Roadster” adalah nama mobil dengan dua tempat duduk yang bagian atapnya bisa dibuka. Proyek luar angkasa yang telah dipersiapkan oleh CEO SpaceX, Elon Musk selama beberapa tahun terakhir ini.

    Untuk mencapai tujuan utama Musk – yaitu menurunkan biaya pesawat antariksa dan meningkatkan efesiensi, maka ia membuat roket yang bisa digunakan kembali sebagai pesawat komersil, menghilangkan praktik industri saat ini yang menghabiskan jutaan dolar setiap kali peluncuran.

    Setelah beberapa kecelakaan dan insiden yang hampir mengakibatkan kecelakaan, perusahaan itu kini menyempurnakan cara meluncurkan mesin pendorong.

    Elon Musk mengatakan kepada wartawan sebelum peluncuran hari Selasa bahwa dia akan menganggapnya sebagai kemenangan, jika roket itu tidak meledak saat diluncurkan.

    [Cek Fakta] Pabrik Esemka Ekspansi ke Proyek Peluncuran Roket Luar Angkasa? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim pabrik mobil Esemka meluncurkan roket ke antariksa adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan dari foto sebenarnya.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Pabrik Esemka Ekspansi ke Proyek Peluncuran Roket Luar Angkasa? Ini Faktanya
     
    Referensi:
    1.https://archive.vn/VEHHS
    2.https://www.voaindonesia.com/a/spacex-berhasil-luncurkan-roket-terbesar-/4242402.html
    3.https://www.reuters.com/news/picture/debut-launch-of-spacex-falcon-heavy-idUSRTX4RHT6?fbclid=IwAR133Ka4kVOa8rjLkiKykwInldBhEau-peQ5WWkLt22Fsf6CwkauOUQPseE

    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     


    "Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id