comscore

[Cek Fakta] McDonald's Ditutup 3 Negara karena Menggunakan Daging Manusia? Begini Faktanya

Wanda Indana - 22 Januari 2022 18:44 WIB
[Cek Fakta] McDonalds Ditutup 3 Negara karena Menggunakan Daging Manusia? Begini Faktanya
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Raksasa makanan cepat saji asal Amerika Serikat McDonald's ditutup di tiga negara karena menyajikan daging manusia. Kabar ini beredar di media sosial. 

Akun Facebook Jeff Eventeen membagikan klaim tersebut pada Selasa, 28 Desember 2021. Akun itu juga menyebut penutupan gerai McDonald's di seluruh dunia segera dilakukan.
 

"BOOM McDonalds ditutup 3 negara karena menyajikan daging manusia...!!!
Penutupan di seluruh dunia segera." tulis akun tersebut.


Benarkah? Berikut cek faktanya.

[Cek Fakta] McDonalds Ditutup 3 Negara karena Menggunakan Daging Manusia? Begini Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa McDonald's menyajikan daging manusia adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar. 

Dilansir USA Today, hoaks tersebut beredar sejak 2014. Pertama kali dibagikan oleh situs satir. McDonald's juga sudah membantah klaim tersebut di situs webnya.
 

"Berdasarkan penelitian kami, kami menilai SALAH klaim bahwa McDonald's tutup di tiga negara untuk menyajikan daging manusia dan penutupan di seluruh dunia akan segera datang. Klaim palsu bahwa daging manusia disajikan oleh McDonald's telah beredar online sejak 2014," tulis USA Today dalam laporannya. 


Awalnya situs web Huzlers membagikan postingan berjudul "McDonalds Menggunakan Daging Manusia! (Video Harus Ditonton)." Video ini lantas viral dan kembali muncul awal 2022."

Pula, pada menu Your Right to Know di situs resmi McDonald's, terdapat jawaban pihak manajmen terkait isu yang beredar tersebut. 

"Apakah Anda menggunakan daging manusia dalam makanan?

Hai, tidak, kami tidak memiliki daging manusia di burger kami. Kami ingin meyakinkan Anda bahwa kami hanya menggunakan 100% daging sapi dan ayam Halal murni dalam makanan kami. Itu dia!

Kami mengambil daging sapi kami dari BRF di Abu Dhabi dan ayam dari McFood di Malaysia yang mematuhi standar kualitas, keamanan, dan Halal kami yang ketat." tulis McDonald's.



Kesimpulan:
Klaim bahwa McDonald's menyajikan daging manusia adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar. 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


[Cek Fakta] McDonalds Ditutup 3 Negara karena Menggunakan Daging Manusia? Begini Faktanya


Referensi:
https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/12/30/fact-check-false-claim-mcdonalds-and-human-meat/9044539002/
https://www.mcdonalds.com/om/en-om/your-right-to-know/2317-are-you-using-humans-meat-in-the-food.html


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id