[Cek Fakta] Mengonsumsi Antibiotik Amoxicillin Dapat Menyembuhkan Covid-19? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 06 Oktober 2021 16:38 WIB
    [Cek Fakta] Mengonsumsi Antibiotik <i>Amoxicillin</i> Dapat Menyembuhkan Covid-19? Cek Faktanya
    Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar informasi di media sosial yang menyebut mengkonsumsi antibiotik Amoksisilin dapat mengobati Covid-19. Klaim ini beredar di sejumlah platform media sosial.

    Akun Facebook Somchai Katnimit ikut membagikan klaim tersebut pada Sabtu, 25 September 2021. Video tersebut memperlihatkan seorang pria yang mengklaim bahwa antibiotik amoksisilin adalah pengobatan yang efektif untuk Covid-19. Pria yang berbicara dalam video tersebut menyebut bahwa "metode Sae-Vee" dapat membantu pasien pulih dari Covid-19.

     



    Pada unggahannya, akun itu menambahkan narasi dengan terjemahan sebagai berikut:

    "cara mengobati covid
    Larutkan 2 kapsul Amoksisilin dalam botol air 350 ml, minum setiap 30 detik.
    Amoksisilin 2 kapsul dengan air 350 ml dan diminum setiap 30 detik.
    Jika gejalanya parah, batuk, mengi, campurkan 1 kapsul Azitromisin dengan sedikit air.
    jika tidak bisa bernafas dan uap yang kuat minum azitromisin 1 kapsul campur air dan teguk."


    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya. 


    [Cek Fakta] Mengonsumsi Antibiotik <i>Amoxicillin</i> Dapat Menyembuhkan Covid-19? Cek Faktanya
     

    Penelusuran:

    Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa mengkonsumsi antibiotik Amoksisilin dapat mengobati Covid-19 adalah hoaks. Faktanya, hoaks lama yang kembali beredar. 

    Para ahli kesehatan, yang memperingatkan bahwa penyalahgunaan antibiotik dapat menyebabkan infeksi bakteri yang resistan terhadap obat. Badan Kesehatan Internasional (WHO) juga telah menyatakan bahwa antibiotik tidak dapat digunakan melawan Covid-19. 

    Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas klaim yang sama pada 31 Maret 2020. Dari hasil penelusuran, Amoxicillin adalah obat untuk mengatasi berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus.
     
    Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari, menjelaskan obat Amoxicillin tidak digunakan untuk membunuh virus. Obat tersebut adalah antibiotik untuk penanganan terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
     

    "Amoxcillin ini bukan untuk virus. Nah, sementara Amoxicillin itu (obat) antibiotik yang sudah resisten (kebal) terhadap bakteri juga," ungkapnya kepada kumparan, Minggu 29 Maret 2020.


    Keri menambahkan, logikanya jika memang untuk antibakteri dalam tubuh kemudian supaya daya tahan tubuh meningkat, itu juga kurang tepat. Sebab, penggunaan antibiotik ini harus dengan resep dokter. Jika tidak, maka bisa menyebabkan resistensi (kebal).
     
    “Kalau misalkan itu akan digunakan mencegah COVID-19, mekanisme kerjanya bagaimana, apakah membunuh virusnya? Nah jelas enggak karena antibiotik. Atau dia akan katakanlah, meningkatkan daya tahan tubuh, itu juga enggak,” tandasnya.
     
    Dilansir alodokter.com, Amoxicillin adalah obat untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri. Obat antibiotik ini tersedia dalam bentuk tablet maupun sirup.
     
    Amoksisilin atau amoxicillin akan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi di organ paru-paru, saluran kemih, kulit, serta di bagian telinga, hidung, dan tenggorokan. Amoxicillin tidak digunakan untuk mengatasi infeksi virus, termasuk infeksi virus Korona atau Covid-19.
     

    Baca Juga: [Cek Fakta] Benarkah Aplikasi PeduliLindungi Buatan Singapura dan Data Kita Direkam di Sana? Ini Faktanya


    [Cek Fakta] Mengonsumsi Antibiotik <i>Amoxicillin</i> Dapat Menyembuhkan Covid-19? Cek Faktanya

    Kesimpulan:

    Klaim bahwa mengkonsumsi antibiotik Amoksisilin dapat mengobati Covid-19 adalah hoaks. Faktanya, hoaks lama yang kembali beredar.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.



    [Cek Fakta] Mengonsumsi Antibiotik <i>Amoxicillin</i> Dapat Menyembuhkan Covid-19? Cek Faktanya


    Referensi:
    -https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2XVP2K-obat-amoxicillin-dimasukkan-ke-dalam-tandon-air-dapat-mencegah-korona--https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9NN4BY
     

    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id