[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY-Ani di Pacitan?

    Whisnu Mardiansyah - 26 Februari 2021 11:59 WIB
    [Cek Fakta] Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY-Ani di Pacitan?
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul Gubernur Jawa Timur mengungkap aliran dana korupsi dalam pembangunan Museum SBY-Ani di PAcitan, Jawa Timur. Video beredar di youtube.

    Kanal youtube SKEMA POLITIK mengunggah video ini pada 24 Februari 2021. Video berjudul "RUGIKAN NEGARA, KHOFIFAH B0NGKAR ALIRAN DANA MUSEUM SBY" telah ditonton 297 ribu orang.






    Dalam sampul video tersebut, terdapat foto Khofifah bersama Presiden Joko Widodo. Serta narasi "Mengejutkan Akhirnya Buka Suara !!! Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY"

    [Cek Fakta] Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY-Ani di Pacitan?


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Khofifah mengungkap aliran dana korupsi dalam pembangunan Museum SBY-Ani adalah salah. Faktanya, tidak ada pernyataan Khofifah terkait dugaan aliran dana korupsi pembangunan Museum SBY-Ani.

    Dilansir wartaekonomi.co.id, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akhirnya angkat bicara soal kabar hibah Rp9 miliar dari APBD Pemprov Jatim yang disalurkan untuk pembangunan Museum SBY-Ani di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Pacitan. Kabar itu kini heboh di media sosial. Khofifah membantah dana hibah tersebut berasal dari APBD Pemprov Jatim.

    "Tidak (dari APBD). Sebagian ada hibah, tanya Pak Sekdaprov (Heru Tjahjono), rek," kata Khofifah.

    Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menjelaskan, dana tersebut, lanjut Heru, merupakan hibah bantuan keuangan (BK) yang dikucurkan berdasarkan permohonan Pemkab Pacitan ke Pemprov Jatim pada 2019 lalu.

    "Uangnya masih utuh ada di Pemkab Pacitan," ujarnya.

    [Cek Fakta] Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY-Ani di Pacitan?

    Dilansir cnnindonesia.com, Pemprov Jatim akhirnya membatalkan hibah atau bantuan keuangan khusus (BKK) sebesar Rp9 miliar ke Pemkab Pacitan untuk pembangunan Museum SBY-Ani karena dana tersebut tak segera digunakan.

    Pembatalan hibah itu sebagaimana tercantum dalam surat nomor 910/3050/201.2/2021 yang ditek Heru tentang penarikan kembali bantuan keuangan khusus Kabupaten Pacitan pada perubahan APBD Provinsi Jatim Tahun Anggaran 2020.

    Heru menjelaskan pertimbangan pihaknya menarik kembali hibah itu lantaran anggaran tersebut merupakan dana P-APBD tahun 2020 yang belum sempat digunakan, sehingga dana tersebut harus dikembalikan ke Pemprov Jatim selaku pemberi hibah.

    "Dana itu kan P-APBD 2020 karena saat itu belum dilakukan pelaksanaan pembangunan dan belum dipergunakan maka belum sempat dilakukan [pencairan anggaran]," ujarnya.

    [Cek Fakta] Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY-Ani di Pacitan?

    Kesimpulan:
    Klaim Khofifah mengungkap aliran dana korupsi dalam pembangunan Museum SBY-Ani adalah salah. Faktanya, tidak ada pernyataan Khofifah terkait pembangunan Museum SBY-Ani.

    Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
    [Cek Fakta] Khofifah Ungkap Aliran Dana Korupsi Museum SBY-Ani di Pacitan?
    Referensi:
    1.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210222205259-20-609550/pemprov-jatim-ungkap-alasan-batalkan-rp9-m-untuk-museum-sby
    2.https://www.wartaekonomi.co.id/read328090/khofifah-angkat-bicara-heboh-hibah-rp9-m-untuk-museum-sby-ani


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id