[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] DN Aidit Keturunan Arab Yaman? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 16 April 2021 13:46 WIB
    [Cek Fakta] DN Aidit Keturunan Arab Yaman? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) Dipa Nusantara Aidit keturunan Arab Yaman dengan marga Al-Aidid salah satu gaeis keturunan Rasullulah. Narasi beredar di facebook.

    Akun facebook Andy Prasetya membagikan narasi ini pada 12 April 2021. Berikut narasi dalam unggahannya.
     

    "TOKOH PKI (KOMUNIS) ITU SEORANG LAKI-LAKI INDONESIA KETURUNAN ARAB YAMAN, NAMANYA DN. AIDIT ALIAS AHMAD AIDIT, ALIAS DJA’FAR NAWI AIDIT, ALIAS DIPA NUSANTARA AIDIT (NAMA YANG DIPILIHNYA SENDIRI SETELAH DEWASA).... Ilham menjelaskan nama Aidit yang mereka sandang berasal dari nama marga sang kakek, yakni Abdullah Aidit"


    Unggahan ini mendapatkan respon dari 46 warganet. Serta 35 komentar dan 7 kali dibagikan ulang.






    [Cek Fakta] DN Aidit Keturunan Arab Yaman? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim DN Aidit keturunan Arab Yaman adalah salah. Faktanya, DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DN Aidit tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata.

    Dilansir faktakini.net, DPP Rabithah Alawiyah telah mengeluarkan surat pernyataa terkait bantahan informasi yang mengaitkan DN Aidit dengan habaib. Surat pernyataan itu dikeluarkan pada Kamis, 21 September 2017.
     
    Berikut secara lengkap isi surat keterangannya:
     

    "Bersama surat ini DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DPP Rabithah Alawiyah maupun Maktab Daimi tidak pernah mengeluarkan kisah tentang gembong PKI yang bernama DN. Aidit dan menyatakan pula bahwa kisah tersebut tidak benar dan bahwa Aidit tersebut tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata. Sekian."

     
    [Cek Fakta] DN Aidit Keturunan Arab Yaman? Ini Faktanya

    Dilansir republika.co.id, Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Zen Umar Smith menyebut jika DN Aidit bukanlah anak cucu Alawiyyin. Menurutnya, hal itu perlu ditegaskan, karena menyangkut marga Aidid dan salah satu dalang pemberontakan G30S PKI. 

    Nama baik Marga Al-Aidid yang tersohor dan diabadikan dalam kamus-kamus ensiklopedia, kata dia, tercoreng oleh gembong PKI. Bahkan menurutnya, nama DN Aidit itu, dianggap akan menjelekkan nama baik semua marga Alawiyyin pada umumnya. 

    Bahkan, Habib Zen menyatakan bisa berdampak pada nama baik Sayyidina Husain RA sebagai anak cucu Nabi Muhammad SAW. ‘’D.N Aidit bukanlah anak cucu Alawiyyin, karena silsilah nasabnya tidak ditemukan dalam kitab pegangan yang dijadikan pedoman lembaga nasab yang ada di Indonesia,’’ ujar dia.

    [Cek Fakta] DN Aidit Keturunan Arab Yaman? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim DN Aidit keturunan Arab Yaman adalah salah. Faktanya, DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DN Aidit tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] DN Aidit Keturunan Arab Yaman? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://republika.co.id/berita/qh5qqs320/rabithah-nama-dn-aidit-tak-terkait-alaidid-emdzuriyahem-rasul
    2.https://www.faktakini.net/2018/01/rabithah-alawiyah-dn-aidit-tokoh-pki.html
    3.https://archive.fo/xLINI


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id