[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Rusia Sebut Covid-19 Adalah Bakteri yang Terpapar Radiasi? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 03 Mei 2021 19:58 WIB
    [Cek Fakta] Rusia Sebut Covid-19 Adalah Bakteri yang Terpapar Radiasi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar narasi yang menyebutkan bahwa covid-19 bukanlah virus melainkan bakteri yang terpapar radiasi dan menggumpal melalui darah hingga menyebabkan kematian. Diklaim, informasi ini berasal dari Kementerian Kesehatan Rusia. 

    Kabar itu beredar di media sosial dan pesan berantai WhatsApp. Akun Facabook Anis Latuheru turut membagikan narasi itu pada Sabtu, 1 Mei 2021. Berikut penggalan narasi yang beredar:






    "Rusia menjadi negara pertama di dunia yang melakukan otopsi (post mortem) terhadap jenazah Covid-19. Setelah penyelidikan menyeluruh, ditemukan bahwa Covid-19 tidak ada sebagai virus, melainkan bakteri yang telah terpapar radiasi dan menyebabkan kematian manusia melalui pembekuan darah.

    Penyakit Covid-19 telah ditemukan menyebabkan pembekuan darah, yang menyebabkan pembekuan darah pada manusia dan menyebabkan pembekuan darah di pembuluh darah, yang membuat seseorang sulit bernapas karena otak, jantung, dan paru-paru tidak dapat menerima oksigen sehingga menyebabkan orang meninggal. segera."



    [Cek Fakta] Rusia Sebut Covid-19 Adalah Bakteri yang Terpapar Radiasi? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kementerian Kesehatan Rusia menyatakan covid-19 bukan virus melainkan bakteri, adalah salah. Faktanya, ini kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.
     
    Tim Cek Fakta Medcom.id telah mengulas isu serupa pada Februari 2021. Narasi yang beredar tersebut adalah hoaks daur ulang dengan mencatut instansi Kementerian Kesehatan Ruisa narasi sebelumnya mencatut nama Kementerian Kesehatan Italia. 

    Dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), who.int, covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus korona tipe baru. Virus tersebut diberi nama SARS-CoV-2. 



    Baca: [Cek Fakta] Kementerian Kesehatan Italia Pastikan Covid-19 bukan Virus? Ini Faktanya



    [Cek Fakta] Rusia Sebut Covid-19 Adalah Bakteri yang Terpapar Radiasi? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Kementerian Kesehatan Rusia menyatakan covid-19 bukan virus melainkan bakteri, adalah salah. Faktanya, ini kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Rusia Sebut Covid-19 Adalah Bakteri yang Terpapar Radiasi? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://archive.md/oHIjU
    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0KvMxprk-cek-fakta-kementerian-kesehatan-italia-pastikan-covid-19-bukan-virus-ini-faktanya


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id