[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Susi Pudjiastuti Menari di Atas Pecahan Beling Usai Edhy Prabowo Diciduk KPK? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 27 November 2020 10:53 WIB
    [Cek Fakta] Susi Pudjiastuti Menari di Atas Pecahan Beling Usai Edhy Prabowo Diciduk KPK? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah video yang memperlihatkan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti sedang asyik menari. Diklaim, Susi menari di atas pecahan beling setelah Edhi Prabowo terciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

    Akun Facebook Berita viral sepekan membagikan video berdurasi 1 menit 22 detik itu, pada 25 November 2020. Akun itu juga menyisipkan narasi pada unggahan videonya, bertuliskan sebagai berikut:
     

    "MENTRI PERIKANAN EDI PRABOWO TERCYDUK KPK, BU SUSI PUDJIASTUTI MENARI DIATAS BELING KACA"


    Benarkah Susi Pudjiastuti menari di atas pecahan beling usai mantan KKP Edhy Prabowo diciduk KPK? Simak cek faktanya.


    [Cek Fakta] Susi Pudjiastuti Menari di Atas Pecahan Beling Usai Edhy Prabowo Diciduk KPK? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti menari di atas pecahan beling usai Edhy Prabowo terciduk KPK adalah hoaks. Faktanya, video itu memperlihatkan Susi menari tarian piring. Video itu sudah beredar sebelum adanya OTT KPK yang menjerat Edhy Prabowo.

    Melalui reverse image, video tersebut berasal dari akun media sosial Susi. Akun Twitternya yang terverifikasi @susipudjiastuti mengunggah video Susi yang mengenakan setelah baju pink dipadu rok hitam tengah menari tarian khas Sumatera Barat, tari piring.  Video rupa juga diunggah akun Instagramnya, juga diunggah pada Minggu 22 November 2020.

     


    Sementara itu, berdasarkan pemberitaan Medcom.id, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) dan mengamankan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Rabu, 25 November 2020. "Benar kita telah mangamankan sejumlah orang pada malam dan dini hari tadi," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saat dikonfirmasi, Rabu, 25 November 2020.


    Kesimpulan:
    Klaim mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti menari di atas pecahan beling usai Edhy Prabowo terciduk KPK adalah hoaks. Faktanya, video itu memperlihatkan Susi menari tarian piring. Video itu sudah beredar sebelum adanya OTT KPK yang menjerat Edhy Prabowo.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada


    [Cek Fakta] Susi Pudjiastuti Menari di Atas Pecahan Beling Usai Edhy Prabowo Diciduk KPK? Cek Faktanya


    Referensi:
    https://www.medcom.id/nasional/hukum/5b2eV04N-ott-di-kkp-menteri-edhy-prabowo-diduga-ikut-ditangkap-kpk
    https://twitter.com/susipudjiastuti/status/1330438842176966656
    https://archive.md/pIYIs


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     

    Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb


     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id