[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 23 Februari 2021 07:00 WIB
    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
    Beredar sebuah video dengan narasi judul politikus Partai Gerindra Fadli Zon tertangkap basah sedang berselingkuh di sebuah kamar hotel. Video beredar di facebook.

    Kanal facebook SKEMA POLITIK mengunggah video ini pada 14 Januari 2021. Video berjudul "BIAD4B !!! TERNYATA INI KELAKUAN FADLI ZON SELAMA INI" telah ditonton 669 ribu orang.

    Dalam halaman depan video tersebut, terdapat narasi "Ketangkap Basah...!!! Sering Check In dengan Selingkuhannya, Fadli Zon dan Ceweknya Digrebek"

    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim politikus Partai Gerindra Fadli Zon tertangkap basah sedang berselingkuh di sebuah kamar hotel adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.

    Dalam isi video tersebut, tidak ada sama sekali pernyataan atau informasi Fadli Zon tertangkap basah sedang berselingkuh di kamar hotel. Video hanya berisi potongan-potongan pernyataan terkait polemik akun twitter Fadli Zon yang memberikan like ke sebuah konten dewasa.

    Dari penelusuran kami, dua foto yang dicatut dalam halaman video tersebut dua peristiwa berbeda yang tidak saling berkaitan. Foto pertama, adalah kasus pengungkapan prostitusi daring yang melibatkan artis di Jakarta Utara.

    Foto ditemukan dalam artikel berjudul "2 Artis Indonesia Terlibat Kasus Prostitusi Online, Salah Satunya Pemeran Utama Film". Artikel dimuat di situs inews.id pada 28 November 2020.

    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya

    Sementara, foto kedua adalah pengungkapan kasus prostitusi daring sesama jenis di Semarang, Jawa Tengah. Foto ditemukan dalam artikel berjudul "Polisi Bongkar Prostitusi Online Sesama Jenis di Semarang, Barang Bukti dari Wig, Bra sampai Kondom". Artikel dimuat di situs teras.id pada 13 Maret 2020.

    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya

    Hoaks mengenai isu perselingkuhan Fadli Zon sudah beredar sejak 2018 lalu. Fadli Zon membantah keras isu perselingkuhan yang menyerang dirinya. 

    Dilansir kompas.com, Fadli mengatakan isu perselingkuhan dirinya sengaja diembuskan oleh lawan politiknya untuk membungkam kritik yang kerap ia sampaikan. 

    Saat ini, Wakil Ketua DPR itu tengah mencari pihak yang bertanggung jawab terkait penyebaran isu tersebut. Ia kini sedang menyisir akun di dunia maya yang turut menyebarkan kabar tersebut dan akan mengambil langkah hukum.

    "Ya, sekarang manusianya saja tidak jelas, sumbernya tidak jelas, namanya hoaks fitnah, terus kita mau mengadukan ini. Pasti saya sedang inventarisir dan pasti akan saya ambil langkah-langkah hukum," lanjut Fadli.

    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim politikus Partai Gerindra Fadli Zon tertangkap basah sedang berselingkuh di sebuah kamar hotel adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Fadli Zon Tertangkap Basah Selingkuh Hoaks, Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.teras.id/news/pat-23/213330/polisi-bongkar-prostitusi-online-sesama-jenis-di-semarang-barang-bukti-dari-wig-bra-sampai-kondom
    2.https://www.inews.id/lifestyle/seleb/2-artis-indonesia-terlibat-kasus-prostitusi-online-salah-satunya-pemeran-utama-film
    3.https://nasional.kompas.com/berita/12511911-bantah-isu-selingkuh-fadli-zon-akan-tempuh-jalur-hukum


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id