[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Bagi-bagi Pulsa ke Timses Pilpres? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 09 April 2021 09:46 WIB
    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Bagi-bagi Pulsa ke Timses Pilpres? Ini Faktanya
    Presiden Joko Widodo dalam sambutannya terkait Sumpah Pemuda di Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020. Foto: Sekretariat Kepresidenan



    Beredar sebuah pesan  berantai yang menyebutkan Presiden Joko Widodo membagikan pulsa kepada tim suksesnya di Pilpres 2019 lalu. Pembagian pulsa dalam rangka syukuran kemenangan.

    Dalam pesan berantai tersebut, pulsa dibagikan sebesar Rp200 ribu. Berikut isi pesan berantai tersebut.
     

    "Partai PDIP President Joko Widodo membagi PULSA kepada Timsucses karena lg syukuran hari kemenangan nya yg mencalonkan diri sebagai CAPRES 2019 RI bekerjasama dgn semua operator. Lanjutkan sms ini ke25 nomor maka pls akan terisi 200.000.Ini btul sy sdh kirim 25 nomor, sy cek pls langsung M'KIOS msuk 200.000.Betul ini,sbrkn 25 anggota"

    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Bagi-bagi Pulsa ke Timses Pilpres? Ini Faktanya






    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Presiden Joko Widodo membagikan pulsa kepada tim suksesnya di Pilpres 2019 adalah salah. Faktanya, informasi ini hoaks lama dengan narasi yang diunggah ulang dengan subjek berbeda.

    Dari penelusuran kami, hoaks serupa pernah beredar dengan subjek Partai Gerindra membagikan pulsa. Hoaks ini sudah beredar sejak Agustus 2017 lalu. Namun perbedaannya pada nama partai dan nominal pulsa.

    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Bagi-bagi Pulsa ke Timses Pilpres? Ini Faktanya

    Dilansir detik.com, subsidi pulsa yang diberikan Presiden Joko Widodo disalurkan lewat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 394/KMK.02/2020. Bantuan berupa tunjangan biaya pulsa maksimal sebesar Rp 150 ribu per bulan untuk masyarakat dan mahasiswa. Bantuan ini berlangsung mulai September hingga 31 Desember 2020.

    Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari menjelaskan proses pencairan diawali oleh satuan kerja (satker) di masing-masing direktorat kementerian/lembaga (K/L) yang mengusulkan calon penerima kepada kuasa pengguna anggaran (KPA).

    Setelah satker mengusulkan ke KPA, selanjutnya pihak KPA yang menentukan siapa saja yang berhak menerima bantuan pulsa dari daftar nama yang telah diusulkan. Proses pencairannya langsung ditransfer oleh bendahara masing-masing direktorat atau instansi.

    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Bagi-bagi Pulsa ke Timses Pilpres? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Presiden Joko Widodo membagikan pulsa kepada tim suksesnya di Pilpres 2019  adalah salah. Faktanya, informasi ini hoaks lama dengan narasi yang diunggah ulang dengan subjek berbeda.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Bagi-bagi Pulsa ke Timses Pilpres? Ini Faktanya
    Rererensi:
    1.https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5164827/sudah-tahu-cara-dapat-pulsa-rp-150-ribu-dari-jokowi
    2.https://www.kominfo.go.id/content/detail/17895/hoaks-partai-pdip-presiden-joko-widodo-membagi-pulsa/0/laporan_isu_hoaks


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id