comscore

[Cek Fakta] Jokowi Didemo Warga Jerman? Cek Faktanya

Wanda Indana - 05 Juli 2022 13:59 WIB
[Cek Fakta] Jokowi Didemo Warga Jerman? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Presiden Joko Widodo dikabarkan didemo warga Jerman. Klaim ini beredar di media sosial. 

?Akun Twitter ini membagikan klaim tersebut dengan mengunggah sebuah tautan link artikel terkait demo besar di Jerman. Pada gambar sampul artikel memperlihatkan sekelompok orang berkumpul dan mengarak spanduk memuat bahasa jerman.
Pada unggahannya, akun itu menyertakan cuitan dengan narasi sebagai berikut:

"JOKOWI DILUAR NEGERIPUN DI DEMO
#PresidenBebekLumpuh
#PresidebBebekLumpuh
Mampus lho…?!"


Benarkah? Berikut cek faktanya.

[Cek Fakta] Jokowi Didemo Warga Jerman? Cek Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Jokowi didemo warga Jerman adalah salah. Faktanya, demo tersebut ditujukan untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan.

Setalah disimak, artikel yang disertakan tidak menyatakan bahwa demo yang dilakukan ditujukan kepada Jokowi. Artikel tersebut menjelaskan tuntutan dari 20.000 demonstran Jerman ditujukan untuk menuntut tindakan nyata dari G7.  Adapun ketujuh negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang. Indonesia, bukan negara anggota G7.

Demo tersebut terjadi menjelang dimulainya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman pada Minggu 26 Juni 2022. Kantor berita Jerman DPA menyebut ada ribuan orang turun ke jalan di Munchen. Jumlah ini lebih sedikit dibanding perkiraan polisi setempat yang memprediksi jumlah demonstran mencapai 20.000 orang.

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi didemo warga Jerman adalah salah. Faktanya, demo tersebut ditujukan untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

[Cek Fakta] Jokowi Didemo Warga Jerman? Cek Faktanya

Referensi:
-https://palu.tribunnews.com/2022/06/27/kedatangan-jokowi-di-jerman-disambut-demo-besar-besaran-20-ribu-orang-tumpah-ruah-di-jalan
-https://www.reuters.com/world/europe/hundreds-protest-climate-justice-g7-leaders-meet-bavaria-2022-06-26/

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id