[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Panglima TNI Dipecat? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 30 April 2021 08:00 WIB
    [Cek Fakta] Panglima TNI Dipecat? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipecat. Hal ini buntut tenggalamnya KRI Nanggala 402.

    Kanal youtube WARUNG POLITIK membagikan video ini pada 29 April 2021. Video berjudul "MENGEJUTKAN !! PANGLIMA TNI DI PECAT" telah ditonton 7 ribu orang.






    Dalam halaman sampul video tersebut terdapat narasi sebagai berikut. "Nasibnya Berakhir..!!! Panglima TNI Dipecat Detik** Pemecatan Karena KRI Nanggala Tenggelam"

    [Cek Fakta] Panglima TNI Dipecat? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipecat adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi terkait hal tersebut.

    Dalam video berdurasi 10 menit 7 detik itu, tidak ada narasi atau informasi Panglima TNI dipecat.
    Dilansir cnnindonesia.com, Panglima TNI mendpaatkan perintah khusus dari Presiden Joko Widodo terkait musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402.

    Jokowi menyampaikan negara memberi Bintang Jalasena kepada 53 awak KRI Nanggala 402. Pemerintah juga memberi kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada mereka.

    Selain itu, ia menjanjikan jaminan biaya pendidikan bagi seluruh anak dari awak KRI Nanggala 402 hingga sarjana. Dia juga menyebut pemerintah akan memberi rumah bagi keluarga awak kapal.

    Jokowi memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAL Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatur mekanisme pelaksanaan bantuan-bantuan tersebut.

    [Cek Fakta] Panglima TNI Dipecat? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipecat adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
    [Cek Fakta] Panglima TNI Dipecat? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210429111505-20-636334/temui-keluarga-awak-kri-nanggala-402-jokowi-janjikan-rumah
    2.https://www.youtube.com/watch?v=dUqIknT-vwE


    *Kami sangatsenang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id