Mafindo Ajak Masyarakat Setop Sebarkan Hoaks

    Wanda Indana - 11 November 2019 14:43 WIB
    Mafindo Ajak Masyarakat Setop Sebarkan Hoaks
    Mafindo menggelar acara peringatan Hari Pahlawan dengan gerakan kampanye anti-hoax di Yogyakarta. Foto: Mafindo
    Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menggelar acara peringatan Hari Pahlawan dengan gerakan kampanye setop penyebaran berita bohong alias hoaks. Kampanye bertajuk "Stop Hoax Indonesia" itu digelar di Jalan Mangkubumi, Tugu Pal Putih, Yogyakarta.

    Ketua Mafindo Septiaji Eko Nugroho mengatakan, acara tersebut didukung komunitas lokal di Yogyakarta seperti; Kedaulatan Rakyat, Komunitas Biola Jogja, Gugat Rerasan, Perempuan Berkebaya Jogja, Roro Beras Kencur, Tepi Bayu, dan juga diramaikan komunitas sepeda onthel yang menghampiri venue ini. Pula, acara ini diikuti masyarakat umum lainnya.

    "Acara ini bagian dari rangkaian aktivitas edukasi dan public campaign tentang literasi digital dan semangat anti hoaks," jelas Septiaji, Minggu 10 November 2019.


    Mafindo Ajak Masyarakat Setop Sebarkan Hoaks
    Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menggelar acara peringatan Hari Pahlawan dengan gerakan kampanye setop penyebaran berita bohong alias hoaks. Foto: Mafindo



    Septiaji menjelaskan, acara tersebut sebagai upaya membangun ekosistem anti hoaks agar dapat dihargai di level internasional. Namun, juga penting menjaga semangat kebangsaan. Sebab, penyebaran hoaks sempat membuat hubungan persaudaraan antar-anak bangsa terpecah.

    Dia mengingatkan, bangsa ini pernah terpecah-belah, menjadi korban devide et impera, sehingga terjajah ratusan tahun, namun pada tanggal 10 November 1945, bangsa ini akhirnya bisa bersatu. Septiaji berharap, momen itu dapat digunakan untuk membangun hubungan masyarakta Indonesia menjadi kembali harmonis.

    "Kita sebagai anak cucu para pendiri bangsa, bertugas untuk melanjutkan kemerdekaan yang amat mahal ini, dengan menjaga supaya kita jangan terpecah belah ketika memasuki peradaban digital ini. Menjadi pribadi yang bertanggungjawab dalam mengelola dan menyebarkan informasi, dan menjadi pahlawan pada masanya: menjauhkan masyarakat dari kekacauan informasi," tuntasnya.

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id