[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Hati -Hati! Kapsul Obat Berisi Paku? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 03 Maret 2021 15:25 WIB
    [Cek Fakta] <i>Hati -Hati!</i> Kapsul Obat Berisi Paku? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp



    Beredar sebuah video yang memperlihatkan isi di dalam sebuah kapsul obat yang ternyata berisi paku. Video beredar lewat pesan berantai. 

    Dalam video berdurasi 25 detik itu, terdengar suara pria berbahasa asing sedang menunjukan isi di dalam kapsul. Ia membuka salah satu kapsul yang masih tersegel di dalam sebuah kemasan obat. Setelah dibuka berisi beberapa paku berukuran kecil di dalamnya.






    [Cek Fakta] <i>Hati -Hati!</i> Kapsul Obat Berisi Paku? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim kapsul obat berisi paku adalah salah. Faktanya, paku itu sengaja dimasukan oleh si pembuat video.

    Dikutip dari Instagram @jabarsaberhoaks, yang melansir dari laman factcheck.kg, salah satu situs media independen yang berbasis di negara Kirgizstan menjelaskan video tersebut tidak benar. Paku-paku itu sengaja dimasukan oleh si pembuat video. 

    Dalam keterangannya disebutkan pbat tersebut bermerek Enterofuril. Rekaman video ini sempat viral di kalangan warganet di Kazakhstan. 

    Komite Pengawasan Medis dan Farmasi Kementerian Kesehatan Republik Kazakhstan mengatakan, pihaknya tidak secara resmi menerima informasi dari konsumen, pemegang sertifikat registrasi, entitas farmasi, atau pun tenaga medis tentang adanya benda asing di dalam kapsul obat Enterofuril.

    Obat Enterofuril sendiri diproduksi oleh perusahaan farmasi JSC Bosnalik yang berbasis di Bosnia dan Herzegovina. Enterofuril terdaftar dan disetujui untuk penggunaan medis di Republik Kazakhstan dengan nomor registrasi RK-LS-5 No. 022825 tanggal 03/02/2017, dan RK-LS-5#022904 tanggal 10.04.2017.

    [Cek Fakta] <i>Hati -Hati!</i> Kapsul Obat Berisi Paku? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim kapsul obat berisi paku adalah salah. Faktanya, paku itu sengaja dimasukan oleh si pembuat video.

    Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu) fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

    Referensi:
    1.https://factcheck.kg/ky/gvozdi-v-kapsulah-lekarstva-enterofuril/
    2.https://www.instagram.com/jabarsaberhoaks/?hl=en


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id