[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Video Aceh Kembali Meminta Kemerdekaan? Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 14 Januari 2021 11:26 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Video Aceh Kembali Meminta Kemerdekaan? Ini Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
    Akun Facebook atas nama Imbalo Helgha membagikan sebuah unggahan dalam grup BERITA PAPUA MERDEKA yang memiliki jumlah anggota nyaris 40 ribu akun. Akun itu mengunggah sebuah link video yang dinarasikan bahwa Aceh kembali meminta kemerdekaan. 

    Video berjudul "ACEH KEMBALI MEMINTA KEMERDEKAAN SETELAH SHOLAT JUMAAT DI MASJID RAYA BANDA ACEH" disebar pada Senin, 11 Januari 2021. Pada video, terlihat suasana pengibaran bendera GAM di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, dan terdengar teriakan "Merdeka" dari sejumlah orang yang hadir.

    Benarkah video itu memperlihatkan rakyat Aceh meminta kemerdekan dengan mengibarkan bendera GAM di Masjid Raya Baiturrahman. Berikut cek faktanya.


    [Cek Fakta] Beredar Video Aceh Kembali Meminta Kemerdekaan? Ini Cek Faktanya


    Penelusuaran
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan rakyat Aceh meminta kemerdekan adalah salah. Faktanya, bukan meminta merdeka, video itu memperlihatkan massa mantan kombatan GAM yang meminta pemerintah memajukan daerah Aceh.

    Dilansir Turnbackhoax.id, video tersebut memperlihatkan proses peringatan HUT GAM ke-44 yang diselenggarakan pada 4 Desember 2020. Bendera bulan bintang sempat dikibarkan selama lebih dari 15 menit di depan Masjid Raya, hal ini sama seperti peletakkan bendera GAM pada video yang diposting oleh akun Imbalo Helgha (lihat pada durasi ke- 00:01:54 dan 00:03:10). Selain itu salah satu peserta juga melakukan orasi dan massa mantan kombatan sesekali meneriakkan "Merdeka..Merdeka" (lihat pada durasi ke- 00:06:08).

    Ditayangkan Kompas.tv massa mantan kombatan GAM tampak mengibarkan bendera bulan bintang dan berikrar, mereka juga sempat berfoto bersama. Pasukan TNI dan Polri yang berjaga berdialog meminta kepada massa agar tidak mengibarkan bendera GAM dan sempat terlibat cekcok, bagian ini dapat dilihat pada durasi ke- 00:11:33 hingga 00:18:00.

    "Meski begitu, peserta yang mengikuti milad GAM pada 4 Desember 2020, di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, tidak mewacanakan atau meminta memisahkan diri dari NKRI." tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, 13 Januari 2021. 

    Dandim 0101/BS Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti menyatakan, bahwa massa mengikuti acara milad ke-44 hanya ingin menyampaikan aspirasinya. Massa juga berikrar bahwa bendera bulan bintang bukanlah bendera separtis, Dandim langsung mengatakan bahwa tidak ada bendera lain yang dikibarkan selain bendera merah putih. Kemudian massa menuruti permintaan Letkol dan bersedia menurunkan bendera tersebut setelah beberapa menit.

    "Mereka menyepakati untuk menurunkan bendera bulan bintang. Kita melihat mereka menurunkan benderanya. Mereka hanya menyampaikan aspirasi saja dan mengakui masih dalam naungan NKRI," ungkap Letkol Inf Abdul Razak.

    Diketahui bahwa para peserta ingin menyampaikan aspirasi terkait perjanjian MoU (Memorandum of Understanding) Helsinki serta meminta agar pemerintah pusat, dan pemerintah Aceh untuk memperjuangkan Aceh agar lebih maju.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan rakyat Aceh meminta kemerdekan adalah salah. Faktanya, bukan meminta merdeka, video itu memperlihatkan massa mantan kombatan GAM yang meminta pemerintah memajukan daerah Aceh.

    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Beredar Video Aceh Kembali Meminta Kemerdekaan? Ini Cek Faktanya


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2021/01/13/salah-aceh-kembali-meminta-kemerdekaan-setelah-sholat-jumat-di-masjid-raya-banda-aceh/
    https://regional.inews.id/berita/milad-ke-44-gam-bendera-bulan-bintang-dikibarkan-di-masjid-raya-baiturahman-banda-aceh/all
    https://www.kompas.tv/article/128438/peringatan-milad-ke-44-gam-bulan-bintang-berkibar-di-masjid-raya-baiturrachman
    https://archive.md/Eic3J


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     
    Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb





    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id