Cara Ambil Foto Cityscape untuk Instagram ala Sukimin Thio

    Mohammad Mamduh - 13 Mei 2019 11:19 WIB
    Cara Ambil Foto Cityscape untuk Instagram ala Sukimin Thio
    Contoh foto cityscape dari Marina Bay Sands Hotel. (Cahyandaru Kuncorojati/MEDCOM.ID)
    Jakarta: Para pengguna media sosial Instagram mayoritas merupakan mereka yang gemar mengunggah foto.

    Jenis foto yang diunggah bisa bermacam-macam, ada yang lebih suka memperlihatkan potret individu, objek, atau sebuah pemandangan. Dalam konteks pemandangan, cityscape merupakan salah satu favorit warganet karena menampilkan keindahan yang cukup menarik.

    Dalam fotografi, cityscape diketahui sebagi sebuah tema foto yang menangkap pemandangan lanskap kota. Misalnya menampilkan aktifitas di sebuah area urban atau bagian kota, penampakan bangunan-bangunan di sebuah kota dalam kondisi misalnya saat senja atau malam hari sehingga terlihat lebih artistik.

    Dalam acara Huawei Masterclass, influencer Sukimin Thio berbagi trik agar bisa mengambil foto cityscape dengan baik dan tepat menggunakan smartphone.

    Tak sembarang mengambil foto, ada beberapa aspek yang tidak terlalu rumit untuk diterapkan ketika mengambil gambar satu sudut pandang kota. Dengan begitu, saat dilihat orang lain, foto yang Anda pamerkan mampu memberikan kesan yang berbeda.
     

    1. Cari referensi

    "Ketika saya ingin pergi ke satu tempat, saya biasanya mencari referensi dulu," ungkap Thio. Menurutnya, sumber referensi paling mudah adalah dari internet. "Dari internet kita juga bisa lihat referensi foto-foto cityscape," imbuh Thio. 

    Gunanya referensi jgua mencari tahu titik tempat yang nantinya akan diambil fotonya. Dengan begitu, saat sampai lokasi, Anda tidak lagi lama membuang waktu mencari tempat yang bagus untuk difoto. Referensi juga bisa dari Instagram, dengan pencarian via tagar tertentu.

     

    2. Garis harus lurus

    Kota pada umumnya penuh dengan gedung pencakar langit. Thio memberi contoh Jakarta, tepatnya di sekitar Jalan Sudirman dan Jalan M.H. Thamrin. "Ketika mengambil foto, pastikan gedung-gedung yang terekam posisinya tegak lurus. Seperti ketika kita melihat gedung itu," jelas Thio. 

    Ia juga menyamakan Teknik mengambil foto cityscape dengan laut. "Saat kita mengambil foto laut, pada ujungnya akan tampak garis horizontal yang lurus," ucapnya. Untuk memastikan objek terfoto dengan lurus, Thio menyarankan mengaktifkan panduan garis pada menu Settings kamera di smartphone

    Cara Ambil Foto Cityscape untuk Instagram ala Sukimin Thio

    3. Ada garis pemandu
    Garis pemandu ini berbeda dengan panduan pada menu Settings kamera smartphone. Garis ini adalah objek lain yang nantinya memberi tanda bahwa Anda mengambil foto sebuah gedung, yang posisinya mungkin cukup jauh.

    Pada pandangan pertama, garis pemandu ini mengalihkan perhatian mereka yang melihat foto tersebut dari objek utama, yang biasanya disebut Point of Interest. 


    4. Lihat dari sudut berbeda
    Ketika melihat referensi, ada baiknya untuk mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda saat mengambil foto cityscape.

    "Jika kita lihat di internet, sudah bisa melihat seperti apa orang mengambil foto di satu tempat secara umum. Kita bisa mengambil dari sudut yang lain. Ini akan lebih menarik,” ujarnya. 

    Apakah mengambil foto cityscape harus dari atas gedung? Menurut Thio tidak. Dalam beberapa kondisi, memang mengambil foto cityscape terlihat lebih bagus dari lantai teratas gedung.

    “Tantangannya adalah sering ada angin, dan tangan kita menjadi goyang. Kita bisa manfaatkan tripod mini, tapi tripod tetap harus kita pegang," jelas Thio.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id