Tips & Trik

    Cara Cepat dan Mudah Cek IMEI di HP

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Oktober 2020 12:08 WIB
    Cara Cepat dan Mudah Cek IMEI di HP
    Ilustrasi.
    Jakarta: Pemblokiran ponsel atau HP ilegal alias black market lewat sistem pendaftaran IMEI (International Mobile Equipment Identity) di database Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk operator seluler dan Kementerian Kominfo terus berjalan.

    Kemarin dikabarkan bahwa database CEIR (Centralized Equipment Identity Register) yang jadi database mesin pemblokiran IMEI penuh. Akibatnya ada beberapa kasus yang membuat smartphone resmi yang dijual justru salah satu slot SIM tidak berfungsi akibat IMEI tidak sempat terdaftar di database tadi.

    Misalnya, Asus ROG Phone 3 yang sudah dijual resmi di Indonesia ternyata sebagian SIM 2 tidak berfungsi. realme yang baru saja meluncurkan realme 7 Pro dan realme C17 juga ditanya mengenaik IMEI perangkat kedua sudah aman terdaftar atau belum.

    relame sendiri menyatakan bahwa IMEI realme 7 Pro dan realme C17 sudah aman terdaftar. Beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, menyatakan mesin CEIR selama ini berjalan normal dan baik-baik saja.

    Bagi Anda yang masih ragu bisa mengecek sendiri IMEI smartphone yang digunakan apakah sudha terdaftar atau belum di database CEI. Pertama, Anda harus menemukan IMEI-nya terlebih dahulu dan mengeceknya.

    1. Cara menemukan IMEI di smartphone
    Ada tiga cara, pertama masuk ke bagian menu Settings di smartphone kemudian cari menu About. Di sini akan tertera informasi lengkap mengenai seri perangkat smartphone termasuk menu informasi IMEI.

    Cara lainnya dengan masuk ke menu panggilan telepon dan ketikan *#06#, kemudian lakukan panggilan sehingga muncul kotak informasi IMEI. Kini cara ketiga adalah yang paling mudah yaitu melihat nomor IMEI yang ada di label bagian belakang atau bawa dus penjualan.

    2. Cek IMEI ke situs Kemenperin
    Sekarang Anda harus membuat situs pengecekan IMEI dari Kemenperin, cara ini bisa dilakukan lewat aplikasi browser di smartphone maupun di laptop atau komputer.

    Ketikan alamat situs imei.kemenperin.go.id di browser, setelah situs terbuka langsung masukan angka IMEI smartphone yang tadi sudah dicatat dikolom Cek IMEI kemudian pilih ikon kaca pembesar di bawahnya.

    Nanti akan muncul teks di bagian tersebut yang menginformasikan bahwa IMEI tadi terdaftar atau tidak.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id