comscore

Penting, Cara Cek Seri Prosesor Intel Saat Beli Laptop

Cahyandaru Kuncorojati - 16 Maret 2022 12:18 WIB
Penting, Cara Cek Seri Prosesor Intel Saat Beli Laptop
Prosesor Intel.
Jakarta: Laptop menjadi perangkat komputasi yang sangat dibutuhkan tidak hanya bagi pekerja tapi juga mahasiswa hingga pelajar bahkan siswa sekolah dasar. Hal ini karena penggunaannya yang ringkas dan bisa dibawa ke mana saja saat dibutuhkan.

Saat membeli laptop, prosesor yang digunakan kerap menjadi pertanyaan dan pertimbangan. Sebagain dari Anda mungkin hanya mengetahui bahwa prosesor Intel dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Intel Core i3, i5, i7, dan yang terbaru atau paling tinggi adalah Core i9.
Padahal ada hal yang juga harus diketahui bahwa prosesor Intel juga memiliki generasi berbeda, tentu saja generasi paling baru dinilai lebih baik dan cocok untuk dimiliki, kenapa?

Generasi pada sebuah prosesor biasanya hadir dengan peningkatan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Makanya Anda mungkin pernah mendengar penyebutan Intel 10th Gen atau Intel Generasi ke-10 dan lainnya.

Saat ini Intel sudah merilis prosesor Intel Generasi ke-12 alias 12th Gen. Di sini Anda mungkin mulai bertanya, bagaimana saya bisa mengetahui seri generasi dari prosesor yang akan dibeli?
Caranya mudah dan bisa dilakukan tanpa mengecek ke dalam laptop apabila informasi ini tercantum pada deskripsi spesifikasi laptop yang dipamerkan. 

1. Pertama Anda harus melihat nama dari jenis prosesor yang digunakan, biasanya ditulis secara lengkap dan panjang.

2. Apabila ditulis lengkap maka informasinya akan seperti ini, misalnya: Intel Core i7-10700K.

3. Angka pertama atau dua angka pertama setelah tanda pisah merupakan penanda dari versi generasi prosesor yang digunakan.

4. Kembali ke contoh di atas, Intel Core i7-10700K artinya prosesor jenis Intel Core i7 yang digunakan adalah Intel Generasi ke-10. Versi ini lebih tinggi dari versi sebelumnya yaitu Core i7-9700K yang merupakan Intel Generasi ke-9.

Bagaimana cara mengetahui versi generasi prosesor di laptop apabila tidak dicantumkan oleh situs atau penjual? Apabila memungkinkan dan laptop menyala saat dipamerkan maka masuk ke menu Settings dari tombol Start.

Di halaman Settings pilih menu System kemudian geser menu yang berada di kolom sebelah kiri ke bawah hingga menemukan About. Pilih menu About dan di sini akan muncul informasi spesifikasi laptop Anda.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id