Tips & Trik

    Cara Mudah Cek Usia Baterai Macbook

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Januari 2020 12:19 WIB
    Cara Mudah Cek Usia Baterai Macbook
    Macbook. (CNET)
    Jakarta: Perangkat elektronik yang menggunakan baterai pasti memiliki batas usia yang akan mempengaruhi daya tahannya. Daya tahan perangkat ini terletak pada baterai tersebut. Apabila usia baterai sudah cukup lama biasanya daya tahan perangkat elektronik mulai singkat.

    Hal ini juga berlaku pada sebuah laptop. Bagi laptop buatan Apple yaitu Macbook sebetulnya ada cara mudah untuk mengetahui kapan Anda harus mengganti baterai baru.

    Penggantian baterai sendiri termasuk dalam salah satu layanan Apple yang diterapkan pada Macbook maupun smartphone buatannya, iPhone. Bagi Anda yang merasa daya tahan baterai Macbook mulai boros mungkin ingin mengetahui apakah usia baterainya sudah singkat atau masih panjang.

    Medcom.id merangkum panduan dari Apple untuk pengguna Macbook mengetahui kondisi baterai laptop mereka tanpa membongkar komponennya. Apple menamakan usia baterai sebagai battery cycle.

    Siklus baterai dipahami sebagai proses pengisian baterai hingga penuh. Setiap baterai Macbook memiliki jumlah cycle atau siklus yang berbeda dan bisa dilihat dari data di situs Apple, mulai dari 1000 kali hingga 300 kali.

    Cara Mudah Cek Usia Baterai Macbook

    Apple menegaskan bahwa satu siklus bukan berarti satu kali pengisian per hari. Apple menyebutkan bahwa satu kali siklus pengisian bisa dihitung sebagai beberapa hari penggunaan. Apple tidak memberikan sistem pehitungannya secara detil.

    Apabila battery cycle habis maka pengguna Macbook disarankan melakukan penggantian baterai di layanan produk Apple. Macbook masih bisa digunakan meskipun battery cycle sudah habis dan baterai tidak diganti, namun daya tahannya akan terasa cukup berkurang.

    Berikut ini langkah untuk mengecek battery cycle dari Macbook dengan sangat mudah.

    1. Klik tombol Option di keyboard dan tahan sambil arahkan pointer mouse ke ikon Apple di baris Menu dan klik ikon tersebut. Nanti akan muncul kotak dialog berisi menu dan pilih System Information.

    2. Apabila langkah pertama dilakukan dengan benar maka di layar akan muncul kotak informasi komponen dari Macbook. Di bagian Hardware akan muncul menu informasi komponen di submenu Power.

    3. Pilih submenu Power maka akan muncul informasi mengenai kondisi baterai mulai dari kapasitasnya saat digunakan dan kapasitasnya apabila terisi penuh. Tepat di bagian bawah akan ada informasi bertuliskan Health Information.

    4. Di Health Information akan ada angka battery cycle yang tersisa yaitu cycle count. Angka tersebut akan dilengkapi informasi kesehatan baterai Macbook dengan tulisan Condition. Apabila status kondisinya Normal artinya belum dibutukan penggantian dan kinerja baterai masih baik.

    5. Informasi mengenai angka maksimal dari battery cycle bisa dilihat di situs resmi Apple. Macbook beragam seri dengan tahun terbaru seperti 2016 hingga 2019 umumnya punya siklus maksimal hingga 1.000 kali.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id