Tips & Trik

    Apa Perbedaan Motherboard ATX dan Micro-ATX?

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Juli 2020 19:38 WIB
    Apa Perbedaan Motherboard ATX dan Micro-ATX?
    Beragam jenis dan ukuran motherboard.
    Jakarta: Motherboard adalah hardware atau komponen yang menjadi basis alias fondasi spesifikasi komputer. Semua komponen hardware akan melekat di atas motherboard termasuk prosesor. Makanya penting untuk memiliki motherboard yang tepat baik ukuran maupun fungsinya.

    Bicara ukuran, motherboard memiliki beragam ukuran atau disebut sebagai form factor karena ada yang besar, sedang, dan kecil. Ukuran terbesar biasanya adalah ATX sementara ukuran ini juga punya versi kecil bernama micro-ATX.

    BACA: Ini Perbedaan ATX, Micro-ATX, dan Mini-ITX

    Apa saja perbedaan motherboard ATX dan micro-ATX? Berikut ini Medcom.id mengumpulkan beberapa fakta dari berbagai sumber yang bisa menambah wawasan Anda.
     

    1. Ukuran

    Motherboard ATX ukurannya sekitar 12 x 9,6 inci, sementara micro-ATX sekitar 9,6 x 9,6 inci. Jadi bagi pengguna yang ingin merakit PC dengan ukuran casing lebih kecil bisa memilih motherboard micro-ATX.
     

    2. Jumlah slot PCIe dan memori

    Berdasarkan ukuran tadi, motherboard ATX bisa memiliki lebih banyak dukungan slot PCI yang bisa digunakan untuk kartu grafis dan lainnya serta jumlah slot memori atau RAM yang biasanya mencapai 4-lane.

    Versi micro-ATX dipastikan punya jumlah slot yang lebih sedikit, beberapa varian juga hanya mendukung dua slot memori atau RAM. Menyoal kemampuan motherboard ini punya fitur yang sepadan dengan versi ATX dan masih lebih tinggi dari micro-ITX.
     

    3. Dukungan komponen lain

    Ukuran yang lebih kecil jelas membuat beberapa fitur atau kemampuan dari motherboard micro-ATX seperti dipangkas dari versi ATX. Mengingat penjelasan di awal bahwa motherboard digunakan untuk fondasi komponen lain maka ukuran komponen tersebut juga harus diperhtungkan.

    Beberapa motherboard micro-ATX punya dukungan ukuran komponen yang berbeda. Ada versi yang mendukung komponen seperti VGA yang punya ukuran standar alias biasa digunakan di motheboard jenis ATX. Di versi lain justru Anda harus menggunakan komponen VGA versi mini.

    Tentu saja komponen versi mini juga akan hadir dengan penurunan spesifikasi. Jadi bisa dibilang motherboard micro-ATX adalah versi budget dari motherboard ATX. Apabila Anda ingin versi yang lebih terjangkau maka tersedia pilihan motherboard micro-ITX.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id