comscore

Mudah, Begini Cara Pantau Banjir Terkini di Jakarta dan Sekitarnya

Cahyandaru Kuncorojati - 19 Januari 2022 13:37 WIB
Mudah, Begini Cara Pantau Banjir Terkini di Jakarta dan Sekitarnya
Jalan Pilar Utama, Kedoya, Jakarta Barat, tergenang air hingga satu meter. (Medcom.id/Whisnu)
Jakarta: Jakarta dan kawasan sekitarnya selama beberapa hari belakangan dirundung oleh cuaca hujan dan angin kencang, dampaknya kemarin sejumlah titik dilaporkan terendam banjir.

Fenomena ini memang tidak diduga mengingat beberapa hari sebelumnya cuaca panas dan langit cerah lebih sering kita rasakan.
Ada baiknya memeriksa lingkungan sekitar demi memastikan adanya genangan yang mungkin akan meninggi dan masuk ke rumah Anda. Selain itu Anda juga bisa memantau kondisi wilayah lain dengan cara lain. 

Medcom.id sudah mengumpulkan beberapa solusi untuk bisa memantau titik banjir di Jakarta dan sekitarnya bermodalkan smartphone, internet, dan aplikasi atau media sosial.

1. Aplikasi Pantau Banjir
Aplikasi Pantau Banjir adalah buatan Pemprov DKI Jakarta, berfungsi menampilkan ketinggian air di wilayah setingkat RW, dan beberapa sarana pendukung drainase. Anda bisa memantau status ketinggian di pintu air, kondisi siaga di pos pengamatan, dan kondisi pompa air yang beroperasi.

Mudah, Begini Cara Pantau Banjir Terkini di Jakarta dan Sekitarnya

Status ketinggian air diperbarui secara berkala dan terbilang update. Ini cukup berguna untuk Anda, terutama yang tinggal di sekitar pintu air atau sarana yang mengatur aliran air. Aplikasi ini dapat Anda unduh via Google Play Store untuk ponsel Android.

2. Twitter
Twitter masih menjadi media sosial yang cukup dipercaya untuk mengetahui situasi atau kondisi terkini, terkait isu apapun. Untuk banjir di Jakarta, saat ini sudah ada tagar #banjir, yang juga dipakai oleh netizen di sekitar Jakarta.

Lewat tagar ini, para warganet memberikan kabar terkini mengenai kondisi di lingkungan sekitarnya, atau sekedar mengunggah ulang kicauan warganet lain dengan topik yang sama. 

Tagar ini juga dimanfaatkan oleh beberapa instansi yang melayani publik, mulai dari moda transportasi hingga Polda Metro Jaya untuk menyediakan informasi terkini yang dibutuhkan masyarakat terutama pengguna jalan.

3. Qlue
Aplikasi smart city ini menampilkan beragam laporan terkait layanan publik. Pengguna yang berlokasi di wilayah Jabodetabek bisa melaporkan kondisi banjir terkini di lingkungan mereka.

Mudah, Begini Cara Pantau Banjir Terkini di Jakarta dan Sekitarnya

Telah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, tim terkait dari Suku Dinas Tata Air bisa menindaklanjuti lebih cepat. Qlue juga dapat menampilkan peta banjir Jakarta yang diperbarui berdasarkan laporan warga. Aplikasi ini bisa diunduh via Google Play Store atau App Store.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id