Tips & Trik

    Begini Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

    Lufthi Anggraeni - 11 Februari 2021 11:41 WIB
    Begini Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang
    Begini cara mengembalikan kontak WhatsApp yang menghilang secara mendadak dari aplikasi.



    Jakarta: Kehilangan kontak di smartphone kerap terjadi secara tidak sengaja akibat kelalaian pengguna. Karenanya, sejumlah aplikasi komunikasi memiliki fitur untuk mencadangkan atau melakukan backup pada layanannya.

    Namun, terdapat sejumlah cara untuk mengembalikan kontak yang hilang. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kontak yang hilang di layanan komunikasi WhatsApp.






    1. Membersihkan Cache
    Salah satu cara untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang menghilang secara mendadak adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi. Untuk membersihkan cache, Anda dapat masuk ke menu Settings di smartphone, lalu pilih Application dan WhatsApp.

    Kemudian, klik opsi Apps Info dan pilih Force Stop, setelahnya klik menu Clear Cache dan restart ponsel, kemudian beri centang pada aplikasi WhatsApp.

    2. Tampilkan semua kontak dari pengaturan WhatsApp
    Pengaturan kontak kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab kontak WhatsApp menghilang secara mendadak. Karenanya, Anda perlu memastikan pengaturan menampilkan daftar kontak rekan WhatsApp.

    Untuk memastikannya, Anda dapat mengklik ikon tiga titik di kanan atas aplikasi dan pilih menu Settings. Kemudian pilih menu Contacts dan periksa daftar pada bagian Show all contacts. 

    3. Aktifkan menu perizinan aplikasi
    Selain itu, belum aktifnya menu perizinan pada aplikasi WhatsApp dapat menjadi salah satu penyebab kontak menghilang secara mendadak. Untuk memastikan menu perizinan telah aktif, Anda dapat mengakses menu Settings pada ponsel.

    Kemudian pilih menu Application dan klik aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu Permission dan beri centang pada aplikasi WhatsApp.

    4. Sinkronkan kontak di akun Gmail
    Cara lain untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang adalah dengan mencoba melakukan sinkronisasi kontak di ponsel agar terhubung dengan baik di WhatsApp via Gmail. Untuk melakukannya, Anda dapat mengakses menu Settings di ponsel.

    Kemudian, pilih menu Contact to Display dan beri centang pada opsi Gmail. Setelahnya, lakukan refresh pada kontak di WhatsApp.

    5. Instal ulang aplikasi WhatsApp
    Cara lainnya untuk mengembalikan kontak di WhatsApp yang menghilang secara mendadak adalah dengan menginstal kembali WhatsApp pada perangkat. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi WhatsApp secara permanen.

    Kemudian, instal kembali aplikasi WhatsApp dari Play Store atau App Store dan masuk ke akun WhatsApp, lalu periksa kembali daftar kontak WhatsApp.

    Sebagai informasi, melalui laman FAQ WhatsApp menjelaskan bahwa informasi kontak secara aktif didapatkan dari buku alamat telepon. WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi kontak yang merupakan pengguna WhatsApp dan menambahkan mereka ke daftar kontak WhatsApp.

    Karenanya untuk pencegahan bisa dilakukan dengan mencadangkan kontak buku telepon secara berkala dan memulihkannya saat diperlukan. Selamat mencoba!

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id