Ini Spesifikasi dan Fitur Smartphone yang Pas untuk Belajar dari Rumah

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Oktober 2020 12:09 WIB
    Ini Spesifikasi dan Fitur Smartphone yang Pas untuk Belajar dari Rumah
    Samsung Galaxy A01 Core.
    Jakarta: Kondisi pandemi Covid-19 tidak boleh menghalangi proses belajar mengajar terutama bagi peserta didik. Cara paling aman untuk tetap melakukannya adalah dengan belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh.

    Caranya dengan mengandalkan koneksi internet untuk terhubung dengan guru atau ruang kelas virtual. Beruntung proses pembelajaran jarak jauh ini tidak harus menggunakan komputer atau laptop melainkan smartphone.

    Hal terebut jelas sangat membantu para orang tua peserta didik yang memiliki keterbatasan finansial. Tetap saja sebagian besar dari orang tua mungkin masih bingung smartphone apa yang pas untuk mendukung anak belajar dari rumah.

    Pertimbangan ini dilakukan agar orang tua bisa menyesuakan dana yang dimiliki dengan kebutuhan anak. Berikut ini ada beberapa tips memilih smartphone yang pas untuk anak belajar dari rumah berdasarkan fitur yang ada di perangkat.

    1. Ukuran Layar
    Melihat penggunanya adalah kalangan anak-anak terutama pelajar sekolah dasar maka ukuran layar lima inci sudah terasa sangat lega. Resolusi layar HD Plus juga sudah bisa menghasilkan gambar yang tajam di ukuran tersebut.

    2. Kapasitas RAM dan Memori internal
    Kegiatan pembelajaran jarak jauh biasanya akan sangat mengandalkan aplikasi konferensi video untuk tetap menyediakan interaksi tatap muka. Menurut kami kapasitas RAM 1GB sudah sangat cukup didukung memori internal 16GB yang biasanya masih bisa ditambah MicroSD.

    3. Kamera Depan
    Di kegiatan pembelajaran jarak jauh kebutuhan kamera smartphone biasanya jadi kian penting saat konferensi video. Melihat kemampuan kamera depan 5MP sudah sangat mencukupi mengingat kegiatan belajar pasti dilakukan pada siang hari dan di dalam rumah dengan pencahayaan yang cukup.

    4. Kapasitas Baterai
    Berdasarkan waktu penggunaan tadi seharusnya konsumsi baterai smartphone akan sangat awet karena tidak dipergunakan untuk bermain game maupun mengecek media sosial. Kapasitas baterai 3.000 mAh sudah sangat memadai.

    5. Harga
    Pada akhirnya pertimbangan harga menjadi penentu dalam memilih smartphone yang pas untuk anak belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh dan juga menyesuaikan dengan kondisi finansial saat ini. Kisaran harga smartphone Rp1 juta sudah tepat.

    Medcom.id menemukan salah satu smartphone yang memiliki kriteria di atas adalah Samsung Galaxy A01 Core. Perangkat ini punya layar 5,3 inci HD Plus dengan RAM 1GB dan memori internal 16GB jika masih dirasa kurang tersedia juga varian dengan memori lebih besar yaitu 2GB Ram dan 32 GB memori internal. Bahkan bisa ditambah MicroSD hingga 512GB.

    Samsung Galaxy A01 Core punya kamera depan 5MP dan kamera belakang 8MP. Sistem operasinya sudah mendukung Android 10 Go Edition dan dibekali baterai 3.000 mAh. Harga Samsung Galaxy A01 Core juga terbilang masih terjangkau yaitu Rp999.000 untuk varian 1/16GB dan Rp1.149.000 untuk varian 2/32GB.

    Pengguna bisa mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Oreedoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp20.000 setiap bulannya. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id