Tips & Trik

    3 Tips Mengambil Foto Pakai Smartphone Saat Staycation

    Lufthi Anggraeni - 18 November 2020 08:30 WIB
    3 Tips Mengambil Foto Pakai Smartphone Saat Staycation
    Foto: Pinterest
    Jakarta: Pandemi Covid-19 mengubah gaya kerja sebagian besar kalangan profesional. Mereka tak lagi harus datang ke kantor untuk memulai produktivitas. Bekerja dari lokasi lain menjadi salah satu pilihan yang menarik.

    Tak hanya di rumah, mereka kini bisa bekerja dari kafe atau lokasi lain yang sangat jauh dari rumah, selama dapat terhubung dengan internet dan bisa menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang memilih untuk staycation.

    Tempat yang dipilih untuk staycation biasanya memiliki pemadangan baru, yang tentunya lebih menarik atau menyegarkan. Alasannya tak lain adalah demi menambah semangat bekerja. Tidak ada salahnya juga untuk merekam berbagai momen saat staycation.

    Berikut adalah tiga tips yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan kualitas yang bagus.

    1. Atur pencahayaan
    Untuk mengambil foto di luar ruangan atau outdoor, ada baiknya untuk memilih waktu yang tepat, yaitu pagi sebelum pukul 10.00 atau sekitar pukul 16.30 di petang hari. Waktu ini merupakan saat matahari terbit dan terbenam, yang diklaim mampu menghasilkan elemen cahaya terbaik. Beberapa kalangan menyebutnya dengan golden hour.

    Waktu matahari terbenam cocok untuk mendapatkan cahaya keemasan, sedangkan waktu matahari terbit lebih menonjolkan warna yang cerah. Jika foto diambil selain golden hour, pencahayaan cendrung tidak optimal, dan ini akan sulit ditangkap kamera smartphone.

    Jika terlalu siang, matahari berada di atas kepala, dan ini akan bersifat terlalu terang untuk pemotretan dengan cahaya natural. Sementara pada malam hari, Anda tidak bisa mendapatkan cahaya alami.

    2. Pakai rule of third
    Baik outdoor maupun indoor, rule of third adalah sebuah kewajiban. Jika Anda belum pernah mendengarnya, ini adalah fitur yang ada pada semua semartphone, berupa penampakan garis atau grid yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan sudut objek secara tepat.

    Kuncinya adalah menempatkan objek utama seperti orang atau benda pada salah satu perpotongan titik, sehingga ia tidak berada di tengah dan dapat menangkap lingkungan sekitar lebih baik. Grid dapat diaktifkan melalui pengaturan settings saat mengaktifkan kamera smartphone.

    3. Pakai alat pendukung
    Dalam mengambil foto, tak ada salahnya untuk menggunakan beberapa perangkat pendukung. Salah satunya adalah lighting, baik dalam ukuran besar atau mini yang dapat diletakkan meja. Alat ini berguna untuk memberikan cahaya tambahan ketika Anda tidak mengambil foto saat golden hour, termasuk saat malam hari.

    Posisi lighting bisa dipasang di depan atau belakang kamera, selama perangkat tidak ikut terekam foto. Alat pendukung berikutnya adalah tripod atau gimbal. Fungsi utamanya adalah menyediakan stabilitas dan menghilangkan efek getaran yang dapat berpengaruh pada pengambilan foto. Alat ini cocok digunakan untuk mengambil foto dengan kamera belakang atau depan.

    Samsung Galaxy A71 dan Galaxy A51 adalah dua smartphone yang dapat mendukung perekaman momen Ketika Anda staycation. Kamera belakang A71 mendukung resolusi 64MP dan 32MP pada kamera depan, didukung tiga kamera 12MP ultrawide, 5MP macro, dan 5MP depth, menjamin kualitas foto yang baik dan tajam.

    Sedangkan kamera A51 juga tidak kalah menarik dengan memiliki resolusi 48MP pada kamera belakang, 32 MP pada kamera depan, dan dilengkapi juga dengan tiga kamera 12MP ultrawide, 5MP macro, dan 5MP depth.

    Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih baik, keduanya juga menyediakan LED Flash dan fitur HDR yang dapat meningkatkan akurasi warna sekaligus detail objek. Tak ketinggalan juga kemampuan Live Focus khas Samsung, yang mampu memberikan efek bokeh secara real-time. Fitur ini cocok untuk Anda yang ingin memberikan kesan eksklusif pada satu foto.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id